Pameran Otomotif Indonesia 2010 Masuk Agenda Internasional
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 Desember 2009 16:00 WIB
Suasana Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-17 di Jakarta International Expo, Jumat (24/07). IIMS kali ini menargetkan terjadi penjualan hingga Rp 1,7 trilun dan jumlah pengunjung hingga 250 ribu orang. Foto: Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pameran Otomotif Indonesia 2010 Peroleh Sertifikasi Internasion Hajatan pameran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 yang bakal digelar 23 Juli – 1 Agustus 2010 mendatang diperkirakan bakal lebih meriah.

Selain proses penyelenggaraannya mendapatkan sertifikasi dari Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles (OICA), membaiknya perekonomian nasional juga menjadi pemicu bergairahnya pasar otomotif nasional. Dengan sertfikasi tersebut pameran ini telah menjadi agenda pameran otomotif skala internasional yang dilangsungkan dua tahunan.

Faktor itulah yang dinilai akan menjadi pendorong minat peserta untuk berpartisipasi. Setidaknya, ini terlihat dari minat kalangan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) kendaraan yang beroperasi di Indonesia untuk mengikuti gelaran itu.

"Pertengahan November lalu, kami mengadakan launching untuk kalangan ATPM. Hampir seluruh perwakilan mereka hadir dan menyatakan akan ikut serta dalam IIMS 2010 mendatang,” tutur Dyah Putri, Public Relation Officer IIMS 2010 PT Dyandra Promosindo, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Kamis (03/12).

Tak hanya pernyataan ikut serta semata, tetapi kalangan ATPM itu juga menyatakan akan memperluas area pameran mereka. “Penyelenggaraan IIMS mendatang berbeda dengan 2009. Karena dengan adanya sertifikasi OICA, sehingga organisasi yang berpusat di Pari, Perancis itu akan memberikan endorsement kepada calon peserta. Dan penyelenggaraan diakui secara internasional,” tandas Dyah.

Pihak penyelenggara, sebut Dyah, juga optimistis membaiknya kondisi makro ekonomi nasional juga akan mendorong bergairahnya pasar otomotif nasional. Sehingga, ajang pameran tersebut akan menjadi sarana promosi yang tepat bagi produk terbaru pabrikan kepada masyarakat.

Sebelumnya, lembaga riset Nielson Indonesia menyebut pertumbuhan pasar otomotif nasional – baik roda dua maupun empat – pada 2010 mendatang diperkirakan akan mencapai 10 persen. “Penjualan sepeda motor diperkirakan mencapai 5,6 juta unit. Sementara roda empat 550 ribu unit,” ujar Yongki Susilo, Retail Service Director The Nielsen Indonesia.

Dia menambahkan, tingkat pertumbuhan tersebut cukup masuk akal mengingat penjualan otomotif pada beberapa bulan terakhir di 2009 ini mulai bergairah seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dinilai stabil. Terlebih, bila perekonomian global juga mulai pulih dari krisis.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi