Astra Daihatsu Kembali Gelar Kompetisi Slalom Sirion
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 12 Desember 2009 17:52 WIB
TEMPO/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM), Sabtu (12/12) kembali menggelar kompetisi Sirion Smart Slalom 2009. Penyelenggaraan kali ini merupakan kali keempat.

Selain sebagai sarana untuk memberikan wadah bagi kalangan usia muda untuk mengepresikan diri, hobi, serta minat, slalom ini juga bertujuan untuk mendongkrak penjualan varian city car Daihatsu Sirion tersebut.

Sirion Slalom"Acara tahunan ini dimaksudkan untuk mengakomodasi keinginan anak muda. Selain itu melalui kompetisi ini kami ingin menunjukkan performa Daihatsu Sirion dalam hal stabilitas dan easy handling yang telah terbukti di beberapa kejuaraan nasional slalom," papar Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM.

Kompetisi yang digelar di Central Park, Jakarta Barat itu dibagi dalam dua kategori. Pertama, Sirion Slalom Championship yang diperuntukan bagi pembalap profesional Kedua, Sirion Smart Move Challenge bagi peserta mahasiswa, klub Daihatsu, wartawan, serta komunitas blogger.

Sementara itu, Elvina Afny Kepala Divisi Pemasaran Domestik PT ADM saat ditemui dia arena slalom mengatakan, ajang ini juga menjadi sarana bagi konsumen maupun calon konsumen untuk membuktikan kehandalan Sirion. Sehingga, mereka semakin yakin bahwa varian city car ini memang memiliki mesin yang handal, lincah, irit, serta desain yang modis sesuai dengan jiwa muda.

"Karena positioning mobil ini adalah mobil untuk kalangan muda. Sehingga slalom merupakan sarana yang tepat untuk pembuktian dari positioning itu. Karena mobil orang muda, selain modis tentu lincah, ringkas, tangguh bisa diajak bermanuver dimana saja, serta irit," terangnya.

Manuver slalomElvina juga berharap penjualan akan terdongkrak seiring terdongkraknya citra merek melalui kompetisi itu. Perempuan energik ini mengakui, tingkat penjualan varian ini memang tak semoncer varian lain di trah Daihatsu, seperti Xenia, Terios, Grand Max atau Luxio.

Dalam rentang waktu sebelas bulan tahun ini, Sirion membukukan penjualan, 635 unit "Tetapi kami optimistis sampai akhir tahun bisa terjual hingga 700 unit," tandas dia.

Seperti diketahui, Sirion merupakan produk Daihatsu yang sampai saat ini masih diimpor dalam bentuk utuh alias komplit (completly built up/CBU) dari Malaysia. Karena itulah, saat dolar menguat maka harga mobil ini juga ikut melonjak.

"Saat awal krisis global (2008 lalu) harga Sirion sempat naik 20 persen, karena dolar menguat. Karena itu, kini kami terus berusaha bagaimana menjadikan Sirion tetap kompetitif. Karena tahun depan kami targetkan bisa terjual 1.000 unit," aku Elvina.

Saat ini, harga Sirion D transmisi manual Rp. 119,9 juta, sedang matik Rp. 129,9 juta. Untuk Sirion M dibanderol Rp. 133,5 juta (manual) dan Rp. 143,5 juta (Matik). Pesaing terdekat Sirion M yang bermesin 1.300 cc itu adalah Suzuki Swift CKD. Sedangkan Honda Jazz dan Toyota Yaris jauh diatas Sirion.

Untuk menggenjot penjualan Sirion itu, selain menggelar acara tahunan seperti kompetisi slalom, PT ADM juga menggelar program promosi. Diantaranya, program bunga murah dengan besaran lima persen. "Disamping itu ada program cashback sehingga para konsumen akan mendapat benefit bila dihitung dengan uang mencapai Rp 5 juta," tambah Elvina.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi