Toyota Targetkan Produksi 7,5 Juta Unit di 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 Desember 2009 21:46 WIB
Toyota Avanza yang tengah dirakit di pabrik Toyota di Kawarang. (raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta:Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang akan meningkatkan target produksinya pada 2010 mendatang yaitu 17 persen dari produksi 2009 atau menjadi 7,5 juta unit. Jumlah itu tidak termasuk produk hasil kerjasama antara Toyota dengan pabrikan lain seperti dengan Daihatsu dan Hino.

Demikian laporan beberapa media lokal Jepang termasuk harian bisnis Nikkei. Peningkatan target produksi itu dikarenakan Toyota telah melihat tanda-tanda pemulihan ekonomi di Jepang, Amerika Serikat dan Eropa yang merupakan pasar terbesar Toyota.

Angka produksi 2010 yang akan ditetapkan itu sama dengan angka produksiToyota pada 2005. Tetapi, angka itu masih dibawah angka produksi pada 2007 yang mencapai 8,5 juta unit.

Nikkei menambahkan, besaran produks 2010 sebesar itu kemungkinan besar bisa bertambah dengan adanya dampak perpanjangan kebijakan pemerintah Jepang dan di beberapa negara yang memberikan subsidi pembelian kendaraan yang ramah lingkungan hingga September 2010.

Namun, pengumuman resmi target produksi Toyota rencananya diumumkan pada Januari 2010 mendatang. Sebelumnya, berbagai kalangan menyebut dominasi Toyota di pasar otomotif global telah tergeser oleh pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen (VW).

Disebutkan, hingga September lalu VW telah memproduksi 4,4 juta unit. Sementara itu, Toyota tercatat memproduksi 4,0 juta. tetapi pada pertengahan November lalu, Toyota mengumumkan angka resmi produksinya secara global yang disebut mencapai 4,9 juta unit. Dengan demikian, angka produksi pabrikan ini masih diatas VW yang berjumlah 4,4 juta unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi