Bugatti yang Terkubur di Danau Swiss Sejak 1936 Dilelang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 22 Januari 2010 10:56 WIB
luxuo.com

TEMPO Interaktif, Paris - Danau Maggiore di Swiss benar-benar menyimpan harta karun. Sebuah mobil Bugatti 1920 berhasil diangkat dari dasar danau. Mobil ini diharapkan menjadi salah satu di antara mobil-mobil yang akan laku dalam lelang di Paris, Sabtu besok. Lelang mobil tahunan ini diharapkan meraih total 15 juta euro atau sekitar Rp 195,6 miliar.

otomotifBalai lelang Bonhams yang berbasis di London mengatakan, mobil Brescia 1925 Type-22 Roadster, yang mempunyai plat nomor Prancis, ditinggalkan oleh pemiliknya pada tahun 1936. Mobil itu diperoleh dengan bea masuk yang mungkin telah lebih tinggi dari nilai mobil itu sendiri. Karena tak ada pembayaran bea masuk, petugas bea cukai Swiss mendorong mobil itu ke Danau Maggiore.

"Para petugas itu kemudian pergi," kata James Knight, direktur balai lelang itu. "Mereka datang dengan solusi yang rapi."

Lelang mobil terbukti lebih tangguh dibandingkan pasar lelang untuk barang lainnya selama kemerosotan ekonomi, kata dealer. Harga turun rata-rata 20 persen sejak akhir 2007.

Sedang Bugatti berkarat yang diangkat dari kedalaman danau 53 meter oleh anggota-anggota sub-aqua Ascona klub Juli lalu, hasil lelangnya untuk amal atas nama Damiano Tamagni. Salah satu anggota klub penyelam, yang meninggal pada tahun 2008 setelah menjadi korban serangan di jalan. Dari katalog, sekitar 20 persen dari komponen asli dari mobil bisa digunakan lagi.

BLOOMBERG| NUR HARYANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi