Generasi Anyar Saab 9-5 Mulai Diproduksi April
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 28 Januari 2010 08:30 WIB
Saab 9-5
TEMPO Interaktif,Los Angeles:Menyusul kepastian penjualan Saabs ke dari General Motors  ke pabrikan otomotif asal Belanda Spyker, pabrikan Belanda itu segera memproduksi generasi terbaru Saab 9-5 pada April mendatang. Bahkan, mobil yang versi modelnya sempat nampang di arena Frankfurt Motor Show September 2009 lalu itu akan dipasarkan mulai kuartal dua tahun ini.

Saab“Ini merupakan tugas pertama Saab (setelah berlarut-larutnya proses penjualan dari General Motors ke Spyker),” tutur seorang sumber di Saab seperti dikutip Autoobserver, Rabu (27/1).

Saat dipamerkan di ajang pameran mobil di Frankfurt , GM menyebut mobil ini akan ditawarkan dalam tiga varian mesin. Pertama mesin diesel 2.000 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga 160 daya kuda.

Kedua, mesin bensin turbo 2.000 cc dengan tenaga maksimum 220 daya kuda, dan tipe ketiga mesin bensin 2.800 cc V8 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 300 daya kuda dengan torsi maksimum pada 400 Nm. Kesemuanya menggunakan transmisi otomotis dengan enam percepatan.

"Mobil ini menjadi awal dari sebuah era baru. Kami telah menciptakan sebuah produk yang bersifat advance dan sangat khas" kata Jan-ake Jonsson, SAAB Automobile's Managing Director kala itu.

Berbagai kalangan menilai produksi Saab 9-5 oleh Spyker ini sebagai rencana yang sangat ambisius untuk perusahaan. Pasalnya, tahun lalu perusahaan itu hanya mampu memproduksi tak lebih dari 50 unit mobil.

Padahal, seperti disebut sumber GM, setelah kelar memproduksi Saab 9-5 terbaru pabrikan itu dijadwalkan akan memproduksi varian crossover 9-4X.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi