Giliran Pemilik Mobil Toyota Inggris Ketar-ketir dengan Pedal Gas
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Februari 2010 12:54 WIB
Dealer Toyota di selatan pinggiran Denver Littleton, Colo. Toyota akan segera menarik 2,3 juta kendaraan di Amerika Serikat untuk memperbaiki pedal akselerator. Masalah kualitas ini membingungkan pembuat mobil Jepang. AP Photo/David Zalubowski, File

TEMPO Interaktif, London – Para pemilik mobil Toyota di Inggris mulai cemas. Mereka menunggu pengumuman apakah mobil mereka juga akan ditarik mengingat sistem pedal gas yang bermasalah di Amerika.

 

toyotaSelain itu, pihak Peugeuot Citroen juga memperingatkan 6.000 pengguna kendaraan di Inggris yang mungkin juga mengalami masalah sama. Pengemudi Peugeot 107 dan Citroen C1 adalah model yang mungkin akan ditarik karena mobil itu dipasang dengan pedal gas yang sama seperti yang digunakan dalam Toyota Aygo, yang merupakan salah satu model yang ditarik oleh perusahaan Jepang.

Sementara itu, Toyota mengatakan akan "segera mengkonfirmasi persis kendaraan di Eropa yang harus ditarik" dan kemudian mulai memperoleh detail dari registrasi DVLA - sebuah proses yang bisa memakan waktu hingga empat minggu.

Periode ketidakpastian ini telah meninggalkan kekawatiran bagi pengguna mobil Toyota. "Saya tidak tahu jika mobil saya ditarik karena itu (pedal gas) dapat digolongkan sebagai berbahaya, yang membuat tidak nyaman karena saya hendak memulai perjalanan besar dengan keluarga saya," tulis seorang pengguna di forum pemilik Toyota.

Eksekutif Vice Presiden Toyota, Shinichi Sasaki, mengatakan ia meminta maaf untuk segala "kebingungan" yang telah ditimbulkan. Perusahaannya, lanjut Sasaki, telah menempatkan prioritas pada pelanggan untuk menginformasikan solusi dalam masalah ini.

"Mengenai operasional pedal akselerator itu tidak benar ... meskipun kami dalam penyelidikan apakah ada tren atau tidak, kami menyadari bahwa kami tidak bisa mengkhianati kepercayaan dari pelanggan kami dan memutuskan untuk mengambil langkah penarikan kembali," katanya.

Dalam sebuah pernyataan, Toyota di Inggris mengatakan pertama kali menyadari insiden pedal gas pada bulan November 2009, dan telah menerima 26 laporan terkait dengan masalah pedal gas di Eropa. "Toyota Eropa bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan menyeluruh dan memulai penarikan kembali," kata perusahaan.

Sementara dalam laporan media Inggris, sebanyak 180.865 kendaraan mungkin akan terpengaruh oleh masalah pedal gas. Ada tujuh model Toyota di Inggris yang mungkin terimbas adalah iQ, Aygo, Yaris, Auris, Corolla, Avensis dan Verso, kata Toyota.

AP| SKYNEWS| NUR HARYANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi