Avanza dan Xenia Bukukan Penjualan Tertinggi di Januari
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 17 Februari 2010 12:23 WIB
xenia avanza
TEMPO Interaktif, Jakarta - Mobil kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, di awal 2010 ini masih laris terjual. Sepanjang Januari lalu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat Avanza membukukan penjualan 10.218 unit, sementara Xenia 5.071 unit.

Keduanya tidak hanya unggul di kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) kecil saja, tetapi juga dari semua kategori kendaraan yang dipasarkan di tanah air. Data Gaikindo menyebut penjualan semua jenis kendaraan di luar jenis truk selama Januari lalu mencapai 42.989 unit.

Avanza dan Xenia juga mengungguli Nissan Grand Livina dan Nissan X-Gear yang merupakan MPV kecil Nissan dan Suzuki APV varian MPV andalan Suzuki. Nissan Grand Livina dan X-Gear membukukan penjualan 1.471 unit dengan rincian Grand Livina 1.243 dan X-Gear 228 unit. Adapun Suzuki APV mencatatkan penjualan 1.332 unit.

Bagi pengamat otomotif Erwin Subarkah, masih tingginya minat konsumen terhadap MPV kecil tidak terlepas dari prinsip harga terjangkau, model tak ketinggalan, irit bahan bakar, lincah, serta kapasitas angkut besar. Tak ketinggalan, pertimbangan nilai jual kembali yang tinggi.

“Ini kultur kelas menengah Indonesia yang berprinsip mobil harus bisa menampung seluruh anggota keluarga dan bisa digunakan untuk kemana saja, harga terjangkau dan hemat bahan bakar. Sehingga bila ada gejolak harga atau ekonomi sedikit saja mereka akan sensitif, ” tandas Erwin kepada Tempo, Rabu (17/2). Menurut data yang dimiliki Erwin, pada 2009 total penjualan mobil menurun sekitar 18 persen, penjualan MPV kecil justru naik empat persen yaitu dari 172.190 unit pada 2008 menjadi 178.900 unit di 2009. Hal itu terjadi karena adanya imbas krisis global.

“Peningkatan ini terjadi karena adanya switching (perpindahan), yaitu orang yang sebelumnya ingin membeli MPV medium atau jenis lainnya pindah pilihan ke MPV kecil. Sebab faktanya, penjualan jenis mobil di luar MPV kecil menurun,” papar dia.

Sementara ihwal Avanza dan Xenia, Erwin berpendapat selain harganya yang bersaing nama Toyota dan Daihatsu yang berkolaborasi dengan Toyota dalam memproduksi Xenia menjadi nilai jual yang tinggi. “Brand keduanya cukup kuat dengan dukungan layanan penjualan, bengkel, dan suku cadang yang tersebar dimana-mana. Dari sisi kualitas juga orang percaya, sehingga konsumen berpikir nanti nilai jual kembali juga tinggi,” terang Erwin.

Sekadar catatan, sepanjang 2009 lalu tiga MPV kecil masuk dalam daftar mobil terlaris di Indonesia . Ketiganya, Toyota Avanza dengan penjualan 101.179 unit, Daihatsu Xenia yang terjual 41.498 unit, serta Suzuki APV yang terjual 12.692 unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi