Saab Akan Produksi Mobil Kecil Mewah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Februari 2010 08:03 WIB
saab
TEMPO Interaktif,Kopenghagen:Setelah sempat terlunta-lunta karena alotnya perundingan antara General Motors dengan beberapa pihak yang akan membeli saham kepemilikannya, kini bintang terang kembali menerangi Saab. Moncernya bintang itu setelah 27 Januari 2009 lalu pabrikan asal Belanda Spyker Cars NV membeli saham kepemilikan anak perusahaan GM tersebut.

Malah, kini Saab telah mendeklarasikan tekad baru, untuk merevitalisasi produknya dengan memproduksi sejumlah model di 2010 ini. Salah satu model yang tengah digarap Saab adalah mobil kecil mewah yang akan bersaing dengan MINI Coopers, Fiat 500, Alfa Romeo, atau Audi A1.

“Kami tengah mempersiapkan model terbaru dalam bentuk mobil kecil kelas premium,” tutur Victor Muller, Kepala Eksekutif Spyker seperti dikutip autoevolution, Rabu (24/2).

Saab akan menggandeng pabrikan lain untuk mewujudkan tekadnya itu. Salah satu yang santer disebut-sebut bakal ditunjuk menjadi mitra Saab adalah pabrikan otomotif asal Inggris Vauxhall.

Namun keberadaan pabrikan itu tak sebatas memasok komponen untuk mobil kecil Saab saja tetapi juga model lain. Sebab, seperti yang disebut Kepala Eksekutif Saab, Jan Ake Jonsson, revitalisasi produk Saab juga meliputi model sedan mewah Saab 9-5 dan 9-3. Hanya memang, belum ada informasai sedikitpun kapan mobil itu mulai diproduksi.

Seperti diketahui, Saab sempat sempoyongan setelah perusahaan induknya GM mengalami persoalan keuangan akibat krisis keuangan global. Pabrikan itu sempat ditawarkan ke beberapa pabrikan, namun setelah melalui serangkaian perundingan gagal dicapai kesepakatan.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi