Angka Penjualan Mobil di Cina Melejit Hingga 55 persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Maret 2010 20:59 WIB
Penjualan mobil di Beijing, Cina.. REUTERS/Jason Lee
TEMPO Interaktif, Shanghai - Angka penjualan kendaraan di Cina pada Februari ini melenjit hingga 55 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu sekalipun saat itu libur panjang nasional. Kendaraan yang diburu para konsumen rata-rata mobil mini dan SUV. Demikian keterangan kelompok industri melaporkan, Selasa waktu setempat.

Menurut catatan pemerintah berdasarkan keterangan Asosiasi Pabrik Otomotif Cina, penjualan mobil tipe komersial dan SUV mencapai 943 ribu unit, sementara untuk jenis truk dan bus naik 46 persen atau mencapai 1,21 juta unit.

Tak seperti di Amerika Serikat, industri otomotif di Cina tak pernah merilis data penjualan bulanan untuk rata-rata penjualan tahunan. Penjualan otomotif di Amerika awal tahun ini tumbuh 13 persen.

Peningkatan penjualan mobil di Cina karena adanya pemotongan pajak dan subsidi pemerintah terutama untuk mobil-mobil kecil. Hal tersebut membuat penjualan menjulang hingga 45 persen alias mencapai 13,6 juta unit. Cina kini menjadi pasar terbesar dunia untuk pasar mobil, sementara penjualan mobil Amerika kian merana.

Penjualan mobil di Cina tampaknya pada 2010 ini terus melambung, meskipun pada Februari secara tradisional merupakan pasar mobil melambat. Tahun Baru Imlek pada pertengahan Februari, penjualan mobil penumpang melejit hingga 1,1 juta dua kali lipat dibandingkan awal tahun lalu.

Padahal para analisis meramalkan penjualan mobil tahun ini menurun. Beberapa penyebab meningkatnya pertumbuhan penjualan mobil karena para konsumen membukukan pesanannya pada akhir tahun, jelas An Yuan seorang peneliti di Changxin Fund, Shanghai.

"Saya tak berharap penjualan pada 2010 sebagus tahun lalu, meskipun ada pertanyaan seberapa rendah?," kata An. "Agar adil kita perlu melihat apa yang bakal terjadi pada beberapa bulan mendatang."

Pada Januari-Februari, penjualan kendaraan melompat menjadi 84 persen atau 2,87 juta. Sementara produksi tumbuh 92 persen alias 2,82 juta unit, jelas Asosasi Industri.

Penjualan kendaraan terbesar didominasi kendaraan penumpang ukuran kecil dan minivan yang digunakan oleh keluarga petani dan pengusaha kecil. Sebab di sektor ini mendapatkan keringanan pajak dan irit bahan bakar.

Februari ini, industri mobil berhasil menjual 623,100 ribu sedan penumpang, naik 46 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan kendaraan multiguna terutama van dan minivan melompat 72 persen atau 25,200 ribu unit. Kendati penjualan SUV meningkat dua kali lipat hinga 70,300 ribu kendaraan.

AP | CHOIRUL

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi