GM Tengah Siapkan Chevrolet Corvette Anyar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 9 Maret 2010 23:24 WIB
Chevrolet Corvette Stingray yang diklaim menjadi dasar tampilan Covertte baru. (www.autoweek.com)
TEMPO Interaktif, Jenewa - General Motors tengah menyiapkan proyek baru. Pabrikan asal Amerika Serikat itu untuk pertama kalinya menampilkan desain Chevrolet Corvette anyar.

Akhir tahun lalu, Ed Welburn, Wakil Presiden GM untuk Desain Global, mengundang sekitar 10 studio desainnya untuk mengajukan propsal mengenai tampilan baru Corvette. Beberapa di antara desain itu "benar-benar fenomenal," kata Welburn. "Ada banyak desain yang bisa kami pilih. Namun keputusan resminya belum diambil."

Langkah meminta desain dari berbagai negara itu memang usaha GM untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai desain kendaraan yang diminati konsumen di Eropa. Pasalnya, Corvette cukup sulit bersaing sementara konsumen muda di Amerika lebih memilih membeli mobil impor.

"Corvette memiliki tantangan di Amerika Serikat," kata Welburn di Jenewa Motor Show sebagaimana dikutip autoweek. "Usia rata-rata konsumen benar-benar meningkat."

Power Information Network, salah satu unit JD Power and Associates menyebutkan usia rata-rata pembeli Corvette adalah 54 tahun. Tahun lalu, penjualan Corvette di Amerika hanya 13.934 unit atau turun 48 persen dari tahun 2008.

Penyebabnya mungkin karena Corvette yang beredar saat ini adalah produksi 2005 dengan harga berkisar US$ 49,880 untuk coupe dan US$ 107.830 untuk tipe ZR-1. Sementara perubahan desain, setidaknya versi facelift, seharusnya dilakukan dalam dua atau tiga tahun.

Welburn mengatakan model terbaru ini nantinya akan mengalami beberapa perubahan. Salah satunya adalah kualitas interior yang selama ini banyak dikritik. Ia juga menjawab soal kritikan tubuh Corvette yang terlalu besar untuk ukuran mobil sport. Meski secara ukuran hampir sama dengan Porsche 911, namun desainnya membuat Corvette terlihat lebih gendut.

Kita mengembangkan desain yang terasa ramping, lebih garang, dikombinasikan dengan performa yang luar biasa. Kini usdah saatnya mengembangkan Corvette," katanya.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi