McLaren Luncurkan Mobil Sport Dua Penumpang MP4 - 12C
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Maret 2010 19:38 WIB
Mc Laren MP4-12C. Dok: Motor Crave

TEMPO Interaktif, London:Pabrikan mobil sport asal Inggris, McLaren resmi meluncurkan supercar anyarnya MP4-12C. Mobil yang diklaim mampu melesat hingga 320 kilometer (km) per jam dan bahkan hingga 400 km per jam itu, dibanderol US$ 229.200 atau sekitar Rp 2,11 miliar.

McLaren menyebut, mobil balap dua penumpang itu tak kalah dengan Formula 1 Ferrari atau Mercedes Benz bila berlaga di ajang balap. Maklum akselerasi dari posisi diam (0 kilometer) ke kecepatan 100 km per jam bisa dicapai dalam tempo 10 detik. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berhenti dari posisi kecepatan 200 km per jam ke keadaan benar-benar berhenti (0 km per jam) hanya 5 detik.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki model anyar MP4-12C itu, McLaren mengaku optimistis mobil itu akan laku di pasar. ?Kami menyadari persaingan di pasar sangat ketat, banyak perusahaan (produsen mobil) datang dan pergi. Tetapi kami tidak akan menjadi salah satu dari mereka. Kami siap untuk bertahan," papar Ron Dennis, Presiden Direktur McLaren saat peluncuran MP4-12C, seperti dikutip motorcrave, Sabtu (19/3).

Mobil ini memiliki bobot yang sangat ringan karena bodinya dibuat dari bahan serat karbon. Sedangkan ihwal dapur pacunya, Dennis menyebut membekali MP4-12C dengan mesin medium McLaren M838T 3.800 cc V8 twin-turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 608 daya kuda dan torsi 572 Newton meter.

Sedangkan insideline.com menyebut, teknologi yanga ada di MP4-12C sama persis dengan saudaranya, F1 McLaren. Baik bodi yang berbahan serat karbon, teknologi suspensi, maupun piranti pengeremannya. Transmisi generasi teranyar McLaren ini menggunakan transmisi triptronik dengan tujuh percepatan.

Ihwal pemasarannya, Managing Director McLaren Antony Sheriff mengatakan, produk barunya itu akan dipasarkan ke Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Singapura, Hong Kong, Jepang serta Australia. Sedikitnya 35 dealer akan dioperasikan di wilayah yang menjadi tujuan pemasaran itu.

"Kami mematok target bisa menggenggam empat persen pangsa pasar mobil super sport dunia," aku dia.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi