TNT Indonesia Kembangkan Layanan untuk Industri Suku Cadang Otomotif
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 24 Maret 2010 18:42 WIB
(Dok. TNT Express)
TEMPO Interaktif, Jakarta - TNT Express Indonesia (TNT) tahun ini berkonsentrasi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis layanan ke suku cadang otomotif baik untuk mobil penumpang, niaga, maupun alat berat. Jasa layanan terpadu yang diberikan untuk para pebisnis suku cadang itu mulai dari pengurusan dokumen, pengelolaan dan penyimpanan stok, hingga distribusi.

"Kami melihat kondisi pasar industri komponen dan suku cadang otomotif di Indonesia sangat menjanjikan, kami melihat ada kesempatan untuk mengembangkan jasa layanan kami disektor ini," tutur Ivan Siew, Direktur TNT Indonesia, di Jakarta, Rabu (24/3).

Ivan pun menyodorkan bukti berupa data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik. Menurut lembaga itu, kegiatan impor komponen otomotif pada Januari lalu mencapai Rp 3,128 trilun atau meningkat 54 persen dibanding Januari 2009 lalu yang mencapai Rp2,033 triliun.

Ivan menyebut, di pasar suku cadang otomotif nasional memiliki dua segmen berdasar kebutuhan industri otomotif terhadap suku cadang tersebut. Pertama, impor yang mendesak karena suku cadang dibutuhkan dengan segera.

"Jenis ini biasanya diinginkan oleh perusahaan yang membutuhkan komponen atau suku cadang untuk perbaikan sehingga tidak bisa ditunda," terang dia.

Untuk kategori itu, TNT menyediakan layanan angkutan udara dengan jaringan pengiriman yang luas. Sehingga, aku Ivan, suku cadang atau komponen bisa terkirim dalam beberapa jam atau dua hari dari waktu pemesanan. "Tergantung pada layanan yang mereka pilih dan wilayah tujuan," tandasnya.

Kategori kedua adalah impor yang tidak mendesak karena komponen atau suku cadang yang diimpor ditujukan untuk stok atau disimpan. TNT menyediakan layanan kombinasi untuk kelompok ini, yaitu pelayanana angkutan udara dan jaringan jalan darat.

Biaya untuk layanan seperti itu diklaim lebih hemat 30 persen ketimbang menggunakan transportasi udara. "Tetapi tiga kali lebih cepat daripada transportasi laut," sebut Ivan.

Sementara itu Andry Adiwinarso, Country Director Sales & Marketing TNT Indonesia menyebut, pelayanan yang diberikan kepada segmen industri suku cadang itu bersifat one stop solution. Layanan yang diberikan mulai dari pengiriman ekspor impor, manajemen inventarisasi, hingga distribusi pengembalian dan perbaikan barang.

"Jaringan global kami lebih di 200 negara, di Indonesia ada di 33 kota besar dan 17 kantor cabang dan 6 gateway yang memungkinkan kami untuk mencakup semua daerah di Indonesia, bahkan ke daerah terpencil sekali pun," aku Andry.

Sedangkan untuk menjamin ketepatan waktu serta menjaga kualitas barang yang dikirim, TNT memantau secara ketat proses pengiriman. Caranya, semua truk dan kontainer TNT dilengkapi piranti Global Positioning Satellite (GPS) sehingga posisi armada bisa dipantau setiap saat.

Pelanggan yang sudah dilayani oleh TNT untuk segmen suku cadang dan komponen itu diantaranya adalah kalangan importir umum mobil kelas premium, distributor alat-alat berat untuk pertambangan maupun perkebunan.

"Kedua segmen ini biasanya memiliki kebutuhan yang mendesak untuk penggantian suku cadang kendaraannya. Apalagi mobil premium dari Eropa atau Amerika yang suku cadangnya bisa dibilang tidak ada di after market," terang Andry.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi