Edan !Sebulan Diluncurkan Honda CR-Z Dipesan 10 Ribu Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 25 Maret 2010 01:27 WIB
Foto mobil konsep Honda CR-Z ini diambil pertengahan September dan baru disiarkan hari ini (30/9). Model ini akan tampil di Tokyo Motor Show Oktober nanti, dan mulai dijual awal tahun depan. Foto: AP/Itsuo Inouye

TEMPO Interaktif, Tokyo – Pabrikan otomotif Jepang, Honda Motor Corporation Rabu (24/3) waktu setempat mengumumkan, sedan hibryd Honda CR-Z yang diluncurkan 25 Februari lalu telah dipesan 10 ribu unit. Jumlah itu, kata sumber Honda sama dengan 10 kali dari target penjualan bulanan Honda.

“Setengah dari 10 ribu pembeli itu adalah orang yang benar-benar baru membeli produk merek Honda,” sebut siaran pers Honda seperti dikutip Reuters (24/3).

Sementara Honda mematok target, produk anyarnya itu bisa terjual 40 – 50 ribu unit saban tahunnya di seluruh dunia. Penjualan di luar Jepang akan dimulai di Amerika Utara dan Eropa pada musim panas ini.

CR-Z yang merupakan singkatan dari Compact Renaissance Zeromobil itu menggunakan mesin bensin 1.500 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 145 Newtonmeter (Nm) pada 4.800rpm.

Mesin konvensional itu dikawinkan dengan motor listrik berteknologi khas Honda - Integrated Honda Motor Assist (IMA) yang menghasilkan tenaga hingga 13,5 daya kuda. Varian sport hibrida Honda ini dilengkapi sistem transmisi manual dengan enam percepatan.

Namun Honda juga menawarkan pilihan transmisi otomotis dengan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) enam percepatan. Berkat teknologi itu perpindahan gigi lebih halus dan nyaris tak terasa. "Kualitas produk merupakan hal yang sangat penting bagi kami," tutur Takanobu Ito, Chief Executive Honda Motors Corporation.

Honda membanderol sedan hybrid anyar itu  di rentang 2,27 - 2,5 juta atau sekitar Rp 230 - Rp 260 juta.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi