Generasi Baru Kia Sportage Lahir di New York
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 1 April 2010 20:02 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, New York:Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Kia Motor meluncurkan generasi paling anyar Kia Sportage di gelaran New York Auto Show 2010 yang berlangsung 31 Maret - 11 April. Selain lebih bertenaga, Sportage gres itu diklaim lebih irit bahan bakar.

"(Kia Sportage anyar) ini berdesian kelas dunia dan dengan teknologi terkini, menawarkan kenyamanan bagi konsumen," tutur Micahel Sprague, Vice President Marketing Kia Motor seperti dikutip autoevolution.com

Sport Utility Vehicle (SUV) baru itu diproduksi dalam dua varian mesin, bensin dan disel. Keduanya dibekali mesin 2.400 cc DOHC 16 valve empat silinder. Sprague mengatakan, sistem transmisi kedua varian telah dilengkapi Continously Variable Value Timing.

Menariknya, masing-masing varian ditawarkan dalam dua sistem transmisi yaitu otomotis dan manual dengan enam tingkat percepatan. Ihwal konsumsi bahan bakar, Kia mengklaim mesin andalan barunya itu lebih irit 20 persen dibanding mesin generasi sebelumnya.

Untuk jalanan di dalam kota, satu liter untuk 10,3 kilometer untuk jarak yang ditempuh. Sedangkan untuk jalanan di luar kota (tanpa ada kemacetan) pemakaian bahan bakar bisa mencapai satu liter untuk 13,9 kilometer.

Sementara dari kelengkapan fitur pendukung, Kia membaginya dalam dua tipe, yaitu LX dan EX. Tipe pertama, menggunakan velg dari bahan alloy ukuran 16 inci. Velg itu semakin terlihat manis dengan pasangan ban berukuran 215/70R16.

"Ban yang digunakan memiliki tingkat rolling resistance yang rendah, jadi sangat aman. Sedangkan kaca spion elektrik kini sudah dilengkapi lampu sein," terang sumber Kia.

Sedangkan tipe tertinggi atau tipe EX, menggunakan velg alloy ukuran 18 inci yang dipadu dengan ban ukuran 235/55R18. Pada tipe ini, gril, gagang pintu, bodi trim menggunakan aksen krom. Walhasil tampilan terkesan mewah.

Namun sayang, hingga kini belum ada keterangan resmi ihwal harga dari Kia Sportage teranyar itu. SUV besutan Kia ini disebut-sebut bakal menjadi pesaing kuat dari Toyota RAV4 dan Honda CR-V generasi anyar.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi