Diguyur Hujan, Webber Raih Pole  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 3 April 2010 17:09 WIB
Mark Webber. AP Photo
TEMPO Interaktif, Sepang - Pembalap andalan Australia dalam kejuaraan dunia Formula Satu musim ini, Mark Webber, meraih urutan start terdepan atau pole position untuk Grand Prix Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (4/4), setelah mencatat waktu tercepat dalam kualifikasi Sabtu (3/4). Webber melewati sejumlah nama besar di belakangnya.

Webber untuk kedua kali meraih pole dalam kariernya di F1. Pembalap tim Red Bull itu akan berdampingan dengan pembalap Jerman yang membela tim Mercedes, Nico Rosberg, yang mencatat waktu tercepat kedua dalam kualifikasi.

Pembalao Red Bull lainnya, Sebastian Vettel, yang meraih pole dalam dua seri perdana di Bahrain dan Australia, menempati urutan start ketiga bersama dan didampingi pembalap tim Force India, Adrian Sutin, yang menempati urutan keempat.

Kejutan besar adalah terlemparnya para tim dan pembalap papan atas dalam daftar urutan start. Hal itu karena mereka tampaknya salah dalam memprediksi cuaca menjelang GP Malaysia ini.

Juara dunia 2008, Lewis Hamilton, bakal start di urutan 20. Adapun mantan juara dunia lainnya dari Spanyol, Fernando Alonso, bakal mengawali balapan hari ini bersama kendaraan Ferrari miliknya di urutan ke-19. Rekan satu timnya dari Brasil, Felipe Massa, di urutan 21. Sebagian besar pembalap dipaksa terlambat menyelesaikan satu putarannya di Sirkuit Sepang akibat hujan yang kian lama tambah lebat.

Hujan lebat di sirkuit memaksa juara dunia musim lalu, Jenson Botton, yang masuk 17 besar di seri pertama tak dapat membalap lebih jauh lagi dalam kualifikasi setelah kendaraan McLaren miliknya terjebak dalam lapisan gravel di tepi trek.Balapan ketiga musim ini juga tertunda 18 menit akibat cuaca.

Dominasi Webber

Tapi, lepas dari halangan cuaca di Sepang, Webber memang sudah menunjukkan keandalannya sebelum memasuki kualifikasi. Sebuah mesin baru dari tim Red Bull membawa pembalap Australia itu mencatat waktu terbaik dalam sesi latihan terakhir kemarin.

Webber, yang mengalami masalah dengan mesinnya dalam sesi kedua latihan sehari sebelumnya, menyelesaikan satu putaran di Sirkuit Sepang dalam waktu satu menit 33,542 detik untuk berada di depan Hamilton.

Adapun Hamilton, yang mencatat waktu tercepat dalam dua sesi latihan Jumat lalu, hanya ketinggalan 0,017 detik di belakang Webber. Tapi, pembalap Inggris itu menyelesaikan sesi latihan terakhir dengan posisi di depan Vettel.

Pemimpin klasemen kejuaraan dunia pembalap awal musim ini, Alonso, mencatat waktu tercepat keempat dalam sesi latihan pamungkas itu. Juara dunia tujuh kali, Michael Schumacher, dengan Mercedes di urutan kelima atau hampir satu setengah detik lebih lambat dari Webber.

Button, yang mengalami masalah dengan keseimbangan mobil McLaren yang dikendarinya dalam sesi latihan Jumat lalu, berada di urutan ketujuh di depan pe Massa. REUTERS | PRASETYO

#Islamic Solidarity Games | ISG
#Balap Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi