Genjot Penjualan Minerva Lipatgandakan Jumlah Dealer  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 April 2010 15:56 WIB
Tempo/Arif Arianto
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Minerva Motor Indonesia (PT MMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Minerva Sachs di Indonesia, akan meningkatkan jumlah dealer resmi sebesar 110 persen lebih dari jumlah yang ada saat ini. Bila selama ini jumlah dealer resmi Minerva di seluruh Indonesia baru 52 unit, akhir tahun nanti ditargetkan sudah menjadi 110 unit.

“Peningkatan itu dimaksudkan untuk memberikan layanan puran jual yang lebih kepada konsumen. Terlebih, kami juga ingin menggenjot penjualan di 2010 ini,” papar Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT MMI di sela peluncuran Minerva R 150 VX di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (27/4).

Menurut Kristianto pihaknya akan menggelontorkan investasi sebesar Rp 50 miliar untuk pembangunan dealer tersebut. "Sedangkan sub dealer atau gerai penjualan, kami targetkan mencapai 300 unit pada akhir tahun nanti. Selama ini, jumlah gerai itu 116 unit,” terangnya.

Seperti halnya delaer yang ada saat ini, semua dealer baru nanti dilengkapi fasilitas tiga S yaitu sales atau penjualan, spare part atau penjualan suku cadang, serta service atau tempat perbaikan. “Sehingga, kami jamin konsumen tidak akan kesulitan untuk mendapatkan produk Minerva, membeli suku cadang serta mendapatkan layanan perbaikan,” tegas pria ramah itu.

Salah satu model yang menjadi andalan PT MMI adalah Minerva R 150 VX yang baru diluncurkan hari ini. Motor sport anyar itu ditargetkan terjual 30 ribu unit pada 2010 ini. Sedangkan total penjualan tahun ini dipatok 60 ribu unit.

Kristianto menyebut, sepanjang 2009 lalu PT MMI membukukan penjualan 49.800 unit. Dari total penjualan tersebut, 60 persen disumbangkan oleh model sport. “Sedangkan dari total penjualan model sport itu, 70 persennya adalah Minerva R 150,” aku dia.

Sedangkan sepanjang tiga bulan pertama 2010 ini, penjualan Minerva mencapai 16.836 unit. Pada januari penjualan mencapai 4.862 unit, Februari 5.526 unit, dan Maret 6.448 unit.

Selama ini penjualan Minerva didukung oleh tiga lembaga pembiayaan besar di Indonesia. Ketiganya adalah, Adira Finance, WOM Finance, serta Mashill Finance.

Sementara itu, Yanuar Arifin, Manajer Pamasaran Roda Dua Merek Non Jepang, PT Adira Finance yang ditemui Tempo di tempat peluncuran mengatakan, dirinya cukup optimistis dengan model anyar Minerva itu. Pasalnya, kata dia, penjualan merek Minerva yang dibiayai Adira juga menunjukkan perkembangan yang positif.

“Rata-rata yang dibiayai Adira antara 2.000-3.000 unit per tahun. Dari penjualan itu 60 persennya adalah Minerva R 150,” sebut Yanuar.

Namun bukan hanya jumlah dealer dan pendanaan pembelian saja yang akan digenjot Minerva. Kapasitas produksi pun ditingkatkan. Bila sebelumnya, pabrik Minerva di Cileungsi Bogor hanya berproduksi 200-300 unit per hari dalam dua line, mulai Mei mendatang ditingkatkan menjadi dua kali lipat.ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi