WowToyota Gelontorkan Rp 239,3 Miliar untuk Poles Citra
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 April 2010 10:03 WIB
autonews.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Deraan isu penarikan (recall) produk yang menerpa Toyota Motor Corporation (TMC) tak hanya menyebabkan reputasi Toyota melorot di mata konsumen Eropa, tetapi juga mengakibatkan rontoknya penjualan di benua itu.

Nah, untuk memoles citra merek sekaligus menggenjot penjualan, Toyota sibuk menggelar sejumlah program iklan. Pabrikan asal Jepang itu menggelontorkan dana 20 juta euro atau sekitar Rp 239,3 miliar.

“Toyota Motor Eropa menyediakan dana itu untuk kampanye di media televisi, cetak, maupun media online di seluruh wilayah Eropa,” tulis Automotive News Europe, Jumat (30/4).

Menurut sumber di Toyota Eropa, program pariwara itu akan tayang di jaringan televisi BBC dan CNN. Rencananya, iklan itu akan nongol mulai Mei dan berbarengan dengan tayangan di media cetak.

“(Materi dan program) kampanye itu (idenya) terinspirasi dari para pekerja kami sendiri yang ada di pabrik dan jaringan ritel di seluruh Eropa,” tutur Andrea Formica, Kepala Divisi Penjualan dan Pemasaran Toyota Eropa.

Lantaran itulah, slogan kampanye itu berbunyi “Your Toyota is my Toyota ” (Toyotamu adalah Toyotaku). Melalui slogan itu, Toyota menyampaikan pesan ke konsumen bahwa Toyota yang mereka beli juga akan digunakan oleh pekerja Toyota .

Artinya, proses pengerjaan produk Toyota dilakukan dengan sepenuh hati, karena produk itu juga bagian dari hidup pekerja yang membuatnya.

Selama isu penarikan produk yang terjadi mulai awal tahun hingga saat ini, raksasa otomotif dunia itu telah menarik 1,7 juta unit mobil di Eropa. Penarikan juga dilakukan terhadap model paling laris di benua itu, seperti Auris, Aygo, Yaris dan Prius.

Akibat penarikan itu, penjualan pun anjlok. Sepanjang Februari lalu, Toyota Eropa hanya mencatatkan penjualan 43.531 unit atau anjlok 20 persen dibanding bulan sebelumnya. Sedangkan di Maret, penjualan cuma 66.257 unit atau melorot 13,6 persendibanding Januari.

Padahal, penjualan selama bulan pertama 2010 itu telah melorot 12 persen ketimbang Desember 2009. Secara kumulatif, sepanjang kuartal pertama 2010 ini, penjualan Toyota di Eropa hanya 116.765 unit atau merosot 7,1 persen dibanding periode sama 2009.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi