Akhirnya, General Motors Bukukan Keuntungan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Mei 2010 22:57 WIB
mlive.com

TEMPO Interaktif, Chicago:Setelah tiga tahun berturut-turut membukukan kerugian, General Motors (GM) akhirnya mencetak laba.

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (18/5), pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS) itu membukukan laba bersih sepanjang kuartal pertama 2010 ini sebesar US$ 865 juta atau sekitar 7,87 triliun. Sebelumnya, sepanjang Januari - Maret 2009, GM merugi US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 53,7 triliun.

Sumber di GM mengaku, perusahaannya mampu membukukan laba setelah menggenjot produksi hingga 57 persen untuk memenuhi permintaan pasar, terutama AS dan Cina.Pada saat yang bersamaan, pabrikan ini juga berhasil menekan biaya produksi.

"Saat ini kami telah membukukan keuntungan, maka langkah selanjutnya adalah IPO (Initial Public Offering atau penawaran saham perdana di pasar saham-red). Dan IPO akan terjadi saat pasar siap dan perusahaan juga sudah siap," papar Chris Liddell, Vice Chariman and Chief Financial Officer GM.

Pabrikan otomotif terbesar di AS itu juga mengklaim pihaknya membukukan kenaikan pendapatan dari US$ 22,43 miliar atau sekitar Rp 204,11 triliun menjadi US$31,48 miliar atau sekitar Rp286,47 triliun. Laba bersih yang dibukukan tersebut, merupakan pendapatan yang telah dikurangi dividen saham preferen pemerintah AS, Kanada, serta Serikat Buruh GM.

Seperti diketahui, sebelumnya GM menerima US$50 miliar atau sekitar Rp 455 triliun dana penyelamatan dari pemerintah AS. Dan tersebut digunakan untuk merestrukturisasi kebangkrutan serta membiayai penawaran saham perdana.

Langkah yang terakhir itu dimaksudkan untuk mengurangi kepemilikan mayoritas saham pemerintah AS di perusahaan otomotif itu.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi