Toyota Akan Menarik 12 Ribu Lexus
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Mei 2010 10:54 WIB
Tampilan New Lexus LS 460 L yang diperkenalkan Lexus Indonesia. Sedan premium ini dibanderol Rp 2,12 miliar. (www.netcarshow.com)

TEMPO Interaktif, Tokyo - Badai belum reda menerpa Toyota Motor Corp. Kali ini perusahaan ototmotif Jepang ini kembali harus menarik salah satu produksi mewahnya. Lexus. Setidaknya 12.000 kendaraan premium ini ditarik karena mengalami masalah dalam sistem kemudi.

 

Langkah yang memalukan ini harus diambil setelah penarikan mobil jenis lainnya yang elah memukul perusahaan raksasa mobil Jepang ini. Koran Yomiuri Shimbun melaporkan, sejak Maret, pelayanan transportasi Jepang mendapat 12 laporan mengenai sistem kemudi yang mengalami malfungsi selama beberpa detik.

Toyota akan menarik sekitar 4,500 mobil Lexus di Jepang, dengan total yang diharapkan akan menarik sekitar 12.000 kendaraan di seluruh dunia. Mobil yang akan ditarik ada empat model, yakni LS460 dan LS460L, LS600h hibrida dan LS600hL.

Juru bicara Toyota menolak mengomentari laporan tersebut.

Toyota telah menarik sekitar 10 juta kendaraan di seluruh dunia sejak akhir tahun lalu karena masalah keamanan. Bulan lalu, perusahaan itu juga setuju untuk membayar denda di Amerika karena pedal akselerator yang terselip di karpet disalahkan dan telah membuat 50 kecelakaan mematikan di Amerika Serikat.

Padahal tahun 2008, Toyota telah melampaui rekor General Motors sebagai pembuat mobil tertinggi di dunia. Namun, isu keselamatan telah meragukan reputasi keandalannya untuk menjadi nomor satu.

YOMIURI| REUTERS| NUR HARYANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi