Fiat Mulai Pasarkan Model Bermesin Dua Silinder  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Mei 2010 12:04 WIB
Fiat

TEMPO Interaktif, Bologna:Pabrikan otomotif asal Italia, Fiat S.p.A, kini tengah mengembangkan mesin baru berkapasitas 900 cc, dua silinder TwinAir.

Seperti dikutip autonews.com, Kamis (20/5), sumber di pabrikan itu mengatakan, salah satu tujuan memproduksi mesin baru itu adalah untuk menciptakan model anyar yang irit bahan bakar, rendah emisi, tetapi memiliki tenaga besar. “Tipe mesin bensin yang disebut SGE – Small Gasoline Engine – Twin Air atau Multi Air itu selain tenaganya besar juga mampu menghemat 10 persen bahan bakar,” tutur sumber itu.

Model anyar yang menggunakan mesin ini adalah generasi paling gres dari Fiat 500. Model baru itu mulai dipasarkan di Eropa pada musim panas ini. Fiat mengklaim, model dengan mesin dua silinder dengan TwinAir itu menghasilkan tenaga hingga 85 daya kuda.

Namun, pabrikan itu tak menyebut besaran emisi yang dihasilkan mesin anyar ini. Fiat hanya menyebut, mobil mini Fiat 500 -yang menggunakan mesin baru itu – yang dipasarkannya memiliki tingkat emisi kurang lebih 100 gram per kilometer (km).

Yang pasti, versi yang diklaim paling ‘bersih’ di jajaran Fiat 500, yaitu PUR-02 yang dilengkapi fitur standar stop start system saat ini menghasilkan emisi 113 gram per km.

Sementara menurut lembaga konsutan pemasaran otomotif Inggris,JATO rata-rata tingkat emisi di jajaran produk Fiat sepanjang paruh pertama 2009 lalu mencapai 129 gram per km. Besaran itu lebih rendah ketimbang produk Toyota yang sebesar 132,9 gram per km.

Fiat menggunakan nama TwinAir karena mesin ini merupakan model pertama yang menggunakan teknologi MultiAir pada mesin dua silinder. Dilihat dari kapasitas, Fiat TwinAir ini merupakan mesin bensin terkecil – dilihat dari jumlah silinder- yang ada di pasar Eropa saat ini. Smart ForTwo mobil kecil besutan Mercedes Benz menggunakan mesin 799 cc tiga silinder bertenaga 45 daya kuda.

Hal yang sama juga dilakukan Volkswagen, meski pada awalnya berniat memproduksi model bermesin dua silinder. Merek lain yang mengembangkan mesin kecil tiga silinder adalah Chevrolet, Daihatsu, Citroen, Opel/Vauxhall, Peugeot, Subaru, Suzuki, serta Toyota . ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi