Great Wall Makin Agresif Garap Pasar Eropa
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 24 Mei 2010 21:19 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Beijing:Setelah dua pekan lalu berhasil masuk ke pasar Bulgaria dan Italia, pabrikan otomotif asal Cina, Great Wall Motor mengumumkan akan segera merangsek pasar Jerman dan Inggris.

Salah satu Senior Executive pabrikan itu kepada Reuters, Senin (24/5) mengatakan perusahaan ini akan membangun dealer di setiap negara Eropa kecuali di wilayah bagian Utara, Tengah, serta Timur. Di tiga wilayah itu Great Wall hanya membangun satu dealer untuk melayani konsumen.

"Kami telah menjalin komunikasi dengan mitra potensial di negara-negara yang merupakan pasar terpenting, seperti Jerman, Perancis, Inggris dan Spanyol," ujar Eksekutif tersebut. "Namun, kami masih butuh waktu setidaknya dua atau tiga tahun," tambah dia.

Sementara itu, Xing Wenlin, General Manager International Trade Great Wall Motors menyebut, perusahaannya segera masuk ke beberapa negara Eropa. Pasar yang paling mungkin dimasuki dalam waktu dekat, lanjut Wenlin, adalah, wilayah Eropa Utara.

"Misalnya Swedia. Ini merupakan pasar yang memiliki persyaratan ketat dan paling sulit (dimasuki) di Eropa," kata dia.

Menurut Wenlin, Swedia juga memiliki produk dengan merek lokal dengan citra yang cukup kuat. Bahkan, merek asing seperti Hyundai dari Korea dan beberapa merek asal Jepang pun kewalahan dibuatnya.

Tahun lalu, ekspor Great Wall hanya 35 ribu unit kendaraan. dari jumlah tersebut, 27 ribu unit diantaranya adalah varian pick up. Saat ini pasar ekspor Great meliputi Timur Tengah, Afrika, Australia dan Asia Tenggara.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi