Toyota Buka Tahun 2011 dengan Penjualan 26.355 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Februari 2011 21:08 WIB
Jajaran mobil Toyota (csmonitor.com)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Prediksi penjualan otomotif tahun 2011 akan menembus rekor baru lagi sepertinya bisa jadi kenyataan. Membuka tahun ini, sepanjang bulan Januari, PT Toyota Asta Motor (TAM) berhasil mencatat penjualan 26.355 unit (penjualan retail). Angka ini naik 35,4% dibandingkan bulan Januari tahun lalu.
Johnny Darmawan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor mengatakan pencapaian ini cukup menjanjikan. Pasalnya, tahun kelinci emas ini dibuka dengan tekanan laju infasi yang tinggi dan kenaikan harga kendaraan akibat regulasi pajak yang diterapkan pemerintah baru-baru ini.
Ia juga menyebutkan belum ada peralihan minat konsumen sebagai akibat dari rencana pembatasan BBM bersubsidi oleh pemerintah. Penjualan MPV Toyota tetap menjadi favorit. ”Pilihan konsumen masih tetap, dan ini juga memberi indikasi konsumen masih percaya dengan efisiensi kendaraan Toyota,” kata Johnny Darmawan dalam keterangan persnya Jumat (4/2).
Duet di kelas kelas MPV 4x2, Toyota Avanza dan Kijang Innova, masih menjadi favorit. Keduanya berhasil penjualan sebesar 19.399 unit. Toyota Avanza sukses mencetak angka penjualan 14.495 unit atau meningkat kurang lebih 46.2% dari bulan Januari 2010. Kakaknya, Kijang Innova, Januari lalu mencapai 4.898  atau tumbuh pada kisaran 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Di kelas SUV 4x2, Toyota Rush dan Fortuner, berhasil mencetak penjualan retail 2,609 unit, meningkat sekitar kurang lebih 10% dibanding waktu yang sama di tahun sebelumnya. Toyota Rush dan Fortuner masing-masing mencetak pencapaian retail sales sebesar 1.732 dan 877 unit.
Pertumbuhan cukup signifikan didapatkan Toyota di segmen mobil kompak. Toyota Yaris berhasil mencetak penjualan retail sebesar 1.377 unit. JIka dibandingkan dengan waktu yang sama di tahun sebelumnya angka ini meningkat sebesar 75.6%. Sedangkan tiga model sedan Toyota -- Vios, Corolla Altis, dan Camry -- mencatat penjualan 1.121 unit.
Angka pertumbuhan tertinggi justru disumbangkan sektor komersial yang berhasil mencatat penjualan retail sebesar 1,796 unit. Toyota Dyna berhasil menjadi kontributor terbesar dengan penjualan retail sebesar 1,383 unit atau meningkat sebanyak 89.5% dari bulan Januari 2010.
"Pencapaian ini menunjukkan indikasi positif di industri otomotif tanah air, semoga awal yang baik ini dapat menjadi pemicu berkembangnya industri otomotif Indonesia," kata Johnny Darmawan.
RAJU FEBRIAN
#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi