GM Siapkan 20 Model Baru untuk Pasar Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 15 Februari 2011 21:14 WIB
Daniel Akerson CEO Genereal Motors (autoevolution.com)
TEMPO Interaktif, Beijing - General Motors menilai Cina sebagai surga, terutama dengan terus meningkatkan penjualan mereka di negara tersebut. GM berniat membawa 20 model baru atau versi penyegaran ke negari Tirai Bambu tersebut dalam dua tahun ke depan.

Cina mulai merangsek sebagai pasar terbesar bagi pabrikan asal Amerika tersebut. Diperkirakan pasar otomotif Cina tahun ini akan tumbuh lebih tinggi lagi. Mengantisipasi hal ini, GM menyiapkan senjata andalan guna menyabet penjualan lebih besar.

"Cina menjadi pusat global strategi kami," kata CEO GM, Dan Akerson, dalam konferensi pers di Beijing seperti dikutip laman autoevolution.com. "Kami ingin mengerti apa yang diinginkan oleh pasar Cina sehingga kami bisa membawa desain terbaik dan teknologi terbaik ke negara ini."

Dan Akerson tidak mengungkapkan detail model-model yang akan diboyong ke Cina. Namun kemungkinan besar GM akan memasukkan model-model andalan mereka di pasar Amerika ke Cina. Bahkan kemungkinan GM akan memproduksi beberapa model di Cina.

"Cina memiliki market yang unik sehingga saya memperkirakan mereka akan jadi negara dengan pertumbuhan tertinggi dalam 10, 20, 30 tahun ke depan di Asia," kata Akerson. "Kami takkan mengulangu kesalahan sama GM lama.”

Sepanjang bulan Januari 2011 kemarin, General Motors berhasil menjual total 268,071 unit kendaraan di Cina. Angka ini naik 22.3 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu bahkan lebih tinggi dari rekor bulanan yang tercatat 230,038 unit pada bulan Maret 2010. GM meraih pangsa pasar 14.7 persen. Khusus untuk mobil penumpang GM berhasil menjual sebanyak 131,944 unit yang berarti naik 46.3 persen versus Januari tahun lalu.

RAJU FEBRIAN

 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi