Produksi Toyota Prius Dimulai Lagi Senin Besok  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 Maret 2011 21:00 WIB
Pabrik perakitan Toyota Prius. (Dok. Toyota)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Setelah hampir dua minggu dihantam berita buruk, Toyota akhirnya mendapat kabar gembira. Pabrikan mobil raksasa asal Jepang itu hari ini mengumumkan akan kembali melakukan produksi di Tsutsumi dan Toyota Motor Kyushu mulai Senin (28/3) besok. Kedua pabrik ini menghasilkan Toyota Prius dan Lexus CT 250h serta 250h HS.

Inilah untuk pertama kalinya Toyota dengan tegas mengumumkan tanggal produksi mereka kembali. Selama dua minggu terakhir, mereka mengakui belum tahu sampai kapan proses produksi dihentikan sementara.

Laman autoevolution.com menulis keterangan Toyota menyebutkan beberapa fasilitas masih belum beroperasi setelah tanggal 28 Maret. Namun pabrik yang memproduksi suku cadang untuk kendaraan yang dijualnya di pasar lokal dan asing telah kembali melakukan kegiatannya sejak minggu lalu.

Bencana ganda, gempa dan tsunami, pada 11 Maret lalu memang cukup mempengaruhi kinerja Toyota. Rencana peluncuran model baru Prius hybrid, Prius wagon, yang seharusnya diluncurkan akhir bulan depan terpaks ditunda.

Selain itu Toyota mengatakan operasi Toyota di Amerika Utara kemungkinan akan terpengaruh oleh peristiwa yang terjadi di Jepang. Toyota Amerika Utara menggunakan sekitar 500 supplier yang bertugas memasok berbagai bagian untuk produksi.

RAJU FEBRIAN

 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi