Pasokan VW Indonesia Tak terganggu Gempa Jepang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 April 2011 00:30 WIB
AP/Fabian Bimmer
TEMPO Interaktif, Jakarta - Volkswagen AG menegaskan tidak ada gangguan produksi yang disebabkan gempa dan tsunami di Jepang, awal bulan lalu. Hal itu juga berlaku untuk pasukan pada PT Garuda Mataram Motor sebagai pemegang merek Volkswagen di Indonesia.

"Semua masih aman. Pekan depan semuanya akan kembali normal," kata Chief Executive Officer Volkswagen AG, Martin Winterkorn, di Salzburg, Austria, seperti dikutip Bloomberg.

Pabrikan terbesar di Eropa itu, dua pekan lalu membentuk unit khusus yang memastikan produksi mereka di 61 pabrik di seluruh dunia tidak terpengaruh kemungkinan berhentinya pasukan komponen dari Jepang. Volkswagen sendiri tidak memiliki pabrik di Jepang.

Produksi spare part dari beberapa supllier terganggu akibat gempa yang melanda Negeri Sakura pada 11 Maret lalu. Denso Corp, Aisin Seiki Co. dan Renesas Electronics Corp terpaksa menghentikan sementara produksi mereka.

CEO Nissan Motor Corporation, Carlos Ghosn, pekan lalu mengatakan sekitar 40 pembuat komponen di Jepang terhenti akibat gempa.

Winterkorn mengatakan pabrikan asal Wolfsburg, Jerman, itu kemungkinan akan mengalihkan pasokan komponennya dari tempat lain.

VW kemungkinan bakal mencatat rekor penjualan bulan ini. Penjualan pada bulan Januari dan Februari naik 18 persen menjadi lebih dari 1.2 juta unit. Winterkorn juga menyebutkan jika VW menargetkan kenaikan penjualan 5 persen pada tahun 2011 dari penjualan tahun lalu yang tercatat 7.14 juta unit.

RAJU FEBRIAN

 

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi