Mazda Luncurkan Mazda 3 Paling Irit Bahan Bakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 22 April 2011 11:36 WIB
Mazda 3 2012
TEMPO Interaktif, New York - Mazda Motor Corporation (Mazda)  meluncurkan generasi terbaru hatchback dan sedan Mazda 3 di gelaran New York Auto Show 2011. Mobil yang diluncurkan Kamis, 21 April 2011 itu mengusung mesin baru SkyActive  yang irit bahan bakar.

“Konsumsi bahan bakar mesin baru itu, 18 kilometer per liter,” ujar Jim O’Sullivan, Kepala Eksekutif Mazda wilayah Amerika Utara seperti dikutip laman detroitnews.com, Jumat, 22 April 2011.

Dia menyebutkan, mesin dengan teknologi SkyActive itu terbuat dari logam alumunium yang tipis namun kuat dengan ukuran kompak. Tingkat gesekan antara tabung silinder dan kepala piston nyaris tidak terjadi.

Mazda juga melengkapinya dengan peranti transmisi manual dan otomatis yang telah disempurnakan.  Pada sisi lain, bobot mobil juga dipangkas. Hasilnya, konsumsi bahan bakar pun semakin rendah.

Sumber lain di pabrikan itu seperti dikutip laman automobilemag.com mengatakan, Mazda 3 baru itu menggunakan mesin 2.000 cc  yang menghasilkan tenaga 155 daya kuda dan torsi 148 pound-feet (lb-ft).  Ada dua pilihan transmisi yaitu otomatis  dan manual. “Varian bertransmisi otomatis konsumsi bahan bakarnya 17,8  kilometer per liter dan manual 17,3 kilometer per liter,” ujar dia.

Sejak 2008 lalu Mazda terus berupaya menyempurnakan mesin mobil besutannya. Pabrikan ini mematok target semua mesin produknya memiliki tingkat efisiensi bahan bakar hingga 30 persen pada 2015 mendatang.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi