Ford Tutup Tiga Pabrik di Asia dan Afrika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 26 April 2011 09:45 WIB
AP/Carlos Osorio
TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company (Ford) menyatakan mulai pekan ini menghentikan sementara operasional pabriknya di Cina, Taiwan, dan Afrika Selatan. Penghentian ini dilakukan menyusul kurangnya pasokan komponen dan suku cadang dari Jepang.

“Awal bulan ini Ford telah memberi tahu pihak regulator sekuritas (pengawas pasar bursa efek) Amerika Serikat akan mengalami perlambatan produksi di Asia,” demikian bunyi pernyataan Ford seperti dilansir Reuters dan International Business Times, hari ini, Selasa (26/4).

Ford berharap penghentian sementara itu tidak akan mengurangi jumlah pendapatannya. Namun, pejabat Ford tidak bersedia menjelaskan apakah pihaknya akan melipatgandakan jumlah produksi untuk mengganti potensi produksi yang hilang.

Pabrik di Taiwan yang dihentikan sementara adalah Ford Lio Hio. Pabrik itu memproduksi Ford Focus, Mondeo, Escape, Econovan, serta beberapa produk kerja sama dengan Mazda Motor Corporation, yaitu Mazda 3 dan Mazda 5.

Pabrik di Cina yang dihentikan operasionalnya adalah Ford's Changan Ford Mazda Automobile di Nanjing. Pabrik itu memproduksi Ford Fiesta dan produk kerja sama dengan Mazda Motor yaitu Mazda 2 empat pintu, dan Mazda 3.

Adapun di Afrika Selatan, pabrik Ford yang beri sementara itu memproduksi Ford Focus, Banten, pikap Ford Ranger, dan pikap produk kerja sama dengan Mazda Motor, Mazda BT-50.

Penutupan pabrik di Taiwan itu akan berlangsung dua pekan. Adapun di Cina dan Afrika Selatan berlangsung sepekan.

ARIF ARIANTO

#Kendaraan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi