Mitsubishi Luncurkan Pajero Sport Bermesin Diesel VGT
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 27 April 2011 07:07 WIB
Mitsubishi Pajero Sport (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Hari ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia meluncurkan varian baru Pajero Sport bermesin disel berteknologi Variable Geometry Turbo (VGT). Berkat teknologi VGT itu, tenaga Sport Utility Vehicle (SUV) itu mencapai 176 daya kuda (dk) meski kapasitasnya tetap 2.500 cc.

“Berbekal teknologi VGT itu, mesin baru itu lebih bertenaga meski tidak bertambah kapasitas,” kata Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran PT KTB, saat memperkenalkan mesin baru itu beberapa waktu lalu.

Menurut Rizwan, peningkatan tenaga itu terjadi karena Mitsubishi menyempurnakan peranti turbo di mesin tersebut. Perubahan teknologi itulah yang disebut VGT atau disebut dengan isitilah DI-D High Power.

Teknologi itu berfungsi mengatur tekanan gas buang agar lebih optimal memutar turbin. Walhasil, proses pembakaran berlangsung lebih sempurna, dan tenaga yang dihasilkan pun semakin besar.

Terbukti mesin 2.500 cc yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga 176 dk pada 4.000 rpm. Varian sebelumnya, yang bermesin sama hanya menghasilkan tenaga 136 dk pada 3.500 rpm.

Tak cuma itu. Torsi yang dihasilkan pun turun meningkat. Bila di mesin varian sebelumnya torsi yang dihasilkan hanya 314 Newton meter (Nm), kini menjadi 350 Nm. Menariknya, torsi sebesar itu mulai terwujud saat putaran mesin berada di 1.800 rpm-3.500 rpm.

Beberapa sumber memperkirakan varian anyar Pajero Sport itu dibanderol Rp 361-Rp 453 juta. Varian sebelumnya dibanderol Rp 359-Rp 451 juta on the road untuk wilayah Jakarta.

ARIF ARIANTO

#Kendaraan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi