Honda: Akhir 2011 Produksi Normal
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 27 April 2011 21:17 WIB
Honda. REUTERS/Luke MacGregor
TEMPO Interaktif, Tokyo - Gempa dan tsunami yang menghantam Jepang 11 Maret lalu benar-benar berakibat parah bagi Honda Motor, Co., Ltd. Produsen mobil merek Honda itu mengumumkan jika produksi mereka diharapkan benar-benar akan pulih 100 persen pada akhir 2011 ini.

Dalam keterangan pers yang dilansir PT Honda Prospect Motor (HPM), sebagai pemegang merek Honda di Indonesia, volume produksi di Jepang berupa produk jadi maupun suku cadang untuk pasar di luar Jepang saat ini baru berjalan 50%. Angka ini kemungkinan akan dilakukan Honda hingga akhir Juni 2011.

Karena pasokan suku cadang masih belum stabil, keputusan mengenai produksi mulai bulan Juli dan seterusnya akan diambil secara bertahap. "Sambil terus memantau keadaan, hingga menuju kondisi normal yang diharapkan tercapai pada akhir 2011," tulis Honda.

Honda mengatakan dampak gempa dan tsunami paling utama mempengaruhi pabrik mereka di Tochigi Perfecture. Selain itu, Automobile R&D di lokasi yang sama juga mengalami masalah. Sebagian fungsi kedua lokasi ini dialihkan ke Sayama, Suzuka, dan Wako.

Pengurangan produksi tidak hanya dilakukan Honda di Jepang tapi juga di Amerika Utara. Pada 30 Maret lalu mereka mengumumkan pembatasan produksi sampai 6 Mei. Pabrik-pabrik Honda di Amerika memang cukup berperan besar dalam penjualan Honda. Dalam laman resminya, Honda menyebutkan ada enam pabrik yang beroperasi.

Kenam pabrik tersebut adalah Marysville Ohio (Honda Accord, Honda Accord Coupe, Acura TL, Acura RDX), East Liberty, Ohio (Honda CR-V, Honda Element, Honda Accord Crosstour), Greensburg, Indiana (Honda Civic Sedan, Honda Civic GX), Lincoln, Alabama (Honda Odyssey, Honda Pilot, Honda Ridgeline), Alliston, Ontario (Honda Civic, Acura MDX, Acura ZDX), El Salto, Meksiko (Honda CR-V)

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi