Transmisi Rusak, Hyundai Tarik 6.200 Unit SUV Santa Fe  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 Mei 2011 08:53 WIB
.
TEMPO Interaktif, Washington - Hyundai Motors Corporation (Hyundai) mengumumkan akan menarik 6.200 unit Sport Utility Vehicle (SUV) Santa Fe, 3 Mei 2011. Produsen mobil asal Korea Selatan itu mensinyalir peranti transmisi SUV besutannya bermasalah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pernyataan Hyundai yang dilansir detroitnews.com, Rabu, 4 Mei 2011, menyebutkan penarikan itu dilakukan setelah Kia menarik 12.690 unit SUV Kia Sorentos karena masalah yang sama. “Baik Sorento maupun Hyundai Santa Fe menggunakan mesin yang sama,” demikian bunyi pernyataan itu.

Hyundai merupakan pemegang 34 persen saham Kia Motors. Berkat andil saham itu pula, kedua perusahaan itu memproduksi jenis mobil yang sama meski dengan merek yang berbeda, termasuk Sorento dan Santa Fe.

Keduanya menggunakan mesin 2.400 cc empat silinder dan dilengkapi transmisi otomatis. Teknologi penggerak rodanya pun sama, yaitu dua roda depan.

Penarikan ini bermula dari penyelidikan Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat terhadap 50 ribu unit Kia Sorento pada 7 April lalu. Penyelidikan dilakukan setelah NHTSA menerima lima pengaduan dari pemilik mobil.

Mereka mengaku kendaraannya tiba-tiba kehilangan tenaga dari driveshaft transmisi kala memindah posisi gigi. Meski demikian kemudi dan sistem pengereman tetap beroperasi dengan baik.

Hyundai maupun Kia akan segera mengganti komponen yang bermasalah di sistem transmisi di kedua SUV tersebut. Hanya, keduanya tak menyebutkan kapan proses penggantian itu mulai dilakukan.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi