Sedan Murah Nissan Sunny Merambah Pasar Global  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 25 Mei 2011 10:17 WIB
Nissan Sunny (Dok. Nissan)

TEMPO Interaktif, Barcelona - Setelah diluncurkan dan dipasarkan di Cina sejak Januari lalu, kini Nissan Motor Company (Nissan) dikabarkan tengah menyiapkan generasi terbaru sedan Nissan Sunny untuk menembus pasar global. Selain di Cina, mobil ini rencananya juga dipasarkan di 170 negara.

Beberapa waktu lalu, Nissan telah melakukan uji ketangguhan generasi baru Sunny itu di Sierra Nevada, Spanyol. “Dari gambar yang diabadikan fotografer, kami tidak melihat adanya perbedaan gaya desain antara sedan untuk pasar Amerika maupun Cina,” seperti dikutip dari laman carscoop.com, Rabu, 25 Mei 2011.

Produsen mobil asal Jepang itu mengaku, Nissan Sunny menggunakan konsep arsitektur platform V. Platform rancang bangun itu juga telah digunakan oleh generasi terbaru mobil kecil Nissan Micra atau di Indonesia dan beberapa negara lain disebut dengan Nissan March.

Sedan itu mengusung mesin HR15DE berkapasitas 1.500 cc empat silinder untuk pasar di luar Amerika. Adapun di Negeri Abang Sam itu, Sunny akan mengusung mesin 1.600 cc.

Hanya, Nissan belum memberikan rincian tentang performa mesin dan fitur pendukung yang ada di sedan Sunny yang dipasarkan di Amerika dan Eropa itu. “Tahap awal dipasarkan di Cina Januari 2011, setelah itu menyusul ke 170 negara,” demikian bunyi pernyataan Nissan saat itu.

Nissan mematok harga sedan tersebut mulai US$ 10.990-17.400 atau sekitar Rp 94,51-149,6 juta.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi