Daihatsu Bangun Pabrik Baru di Karawang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 28 Mei 2011 16:48 WIB
Penekanan tombol oleh Takashi Nomoto (Senior Executive Director PT ADM), Takahiro Iwase ( Senior Managing Director Toyota Motor Corporation), Koichi Ina (President Director Daihatsu Motor Company), Yoshinori Katori (Duta Besar Jepang untuk Indonesia), M.S Hidayat (Menteri Perindustrian), Sudirman MR (Presiden Direktur PT ADM), Ade Swara (Bupati Karawang), dan Hiroshi Takano (Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation). (Dok. ADM)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan pemancangan tiang pertama tanda dimulainya pembangunan pabrik baru di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik baru seluas 70.000 m2 dengan kapasitas produksi 100.000 unit per tahun ini akan mulai beroperasi akhir tahun 2012.

Acara pemancangan dihadiri Menteri Perindustrian Republik Indonesia Mohamad S. Hidayat didampingi Presiden Direktur ADM merangkap Direktur PT Astra International Tbk Sudirman MR, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, Bupati Karawang Ade Swara, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company (DMC) Koichi Ina, Senior Managing Director Toyota Motor Corporation (TMC) Takahiro Iwase, Managing Executive Officer Toyota Tsusho Corporation Hiroshi Takano dan Senior Executive Director ADM Takashi Nomoto.

Kehadiran pabrik baru ini akan menambah kapasitas produksi ADM dari 330.000 unit per tahun menjadi 430.000 unit per tahun. Manajemen ADM memutuskan untuk membangun pabrik baru di kawasan industri ini karena pabrik ADM di kawasan Sunter, Jakarta sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditingkatkan kapasitas produksinya karena keterbatasan lahan yang ada.

Pabrik ini menghabiskan investasi senilai Rp 2,1 trilliun dengan kemampuan proses Stamping, Welding, Painting dan Assembly. ADM juga akan mempekerjakan 1.400 orang karyawan untuk memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor, baik untuk merek Daihatsu maupun Toyota.

"Desain pabrik baru Daihatsu ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia dan akan menjadi pabrik mobil yang ideal dengan menerapkan green process dan eco

friendly. Pabrik ini diharapkan akan menjadi salah satu aset nasional kebanggaan bangsa Indonesia," kata Sudirman MR dalam keterangan persnya.

Sejauh ini, Daihatsu melibatkan 155 perusahaan sebaga pemasok lapis pertama dan 850 perusahaan pemasok lapis kedua yang mempekerjakan total 507.000 orang karyawan.

Sejak produksi perdana tahun 1977 hingga 2005, total produksi Daihatsu mencapai 1.000.000 unit dan 5 tahun kemudian telah mencapai 2.000.000 unit. Produksi ADM tumbuh signifikan selama 5 tahun terakhir sebesar 315%. Selama tahun 2006 produksi Daihatsu hanya mencapai 95.496 unit dan selama tahun 2010 telah mencapai 300.373 unit.

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi