Menikmati Malam Bersama New Honda Jazz
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 18 Juni 2011 01:50 WIB
New Honda Jazz (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Awalnya saya agak bingung kenapa PT Honda Prospect Motor (HPM) mengirimkan undangan test drive New Honda Jazz di hari kerja, Rabu, 15 Juni lalu. Waktu pelaksanaan "Exclusive New Honda Jazz Test Drive" itupun sore hari, pukul 16.00 WIB. "Wah bakalan bermacet-macet ria nih," pikir saya.

Rupanya justru itulah yang dicari HPM. Jonfis Fandy Marketing and After Sales Service Director HPM mengatakan justru di saat yang berbarengan dengan jam pulang kantor tersebut akan memberi kesempatan untuk lebih mengeksplore fitur dan kenyamanan Jazz baru.

"Kenyamanan dan fitur New Honda Jazz akan membuat pengemudi melupakan macet," kata Jonfis. "Selain itu kami ingin memberikan gambaran gaya hidup pengguna Jazz."

Kami berkumpul di e-corner sebuah cafe di kawasan Epicentrum, Kuningan. Sebanyak 12 unit Jazz baru disiapkan HPM. Saya mendapat Jazz nomor urut 6 dengan kelir Briliant White Pearl bersama dua rekan dari Kompas.com dan Bisnis Indonesia.

Dari tampilan, Honda yang mengusung tagline "Raising The Bar, again" melakukan perubahan yang lumayan. Tampilan baru tampak pada new aero sporty headlight, front bumber, desain hexagonal grille seperti yang digunakan Civic Type R, dan fog lamp.

Perubahan juga dilakukan di bagian belakang. Jazz kini dilengkapi New LED high mount stop lamp, tail light dengan LED, dan desain bumper belakang yang juga tampil dengan aero sporty.

Rute awal kami tempuh dari e-corner menuju kawasan SCBD. Saya kebetulan ditunjuk menyetir. "Gak papalah, justru kebetulan bisa mencoba mobil baru ini," pikir saya.

Begitu pintu dibuka, ada suasana baru menyambut. Bangku Jazz kini memiliki tekstur dad warna bangku baru kombinasi biru gelap dan abu-abu gelap. Gubahan baru lainnya adalah sistem audio baru, panel AC panel, door handle, dan multi information panel berwarna oranye yang tidak menyilaukan mata.

Keluar dari kawasan Epicentrum, kami memasuki jalan HR Rasuna Said. Padatnya kendaraan langsung menyambut kami. Nah, beruntung saya mendapat Jazz dengan transmisi otomatis. Alhasil, transmisi 5-speed otomatis -- pertama dikelasnya -- membuat saya tak terlalu repot menghadapi situasi start and stop.

Sesekali tertinggal, kaki saya menginjak gak agak dalam. Mesin 1.5 liter SOHC 4 silinder 16 katup i-VTEC dengan Drive by Wire dan Torque Boost Resonator langsung merespon cepat. Memang saya tak banyak bisa mengeksploitasi mesin ini. Namun di kelasnya, -- dengan tenaga 120 ps (88 kW) pada 6.600 rpm dan torsi 14.8 kg, (145 Nm) pada 4.800 rpm -- performa Jazz adalah yang terbesar.

Pandangan ke depan juga tak banyak kesulitan. Kaca depan Jazz memiliki luas 1.35 meter persegi sehingga pandangan pengemudi sangat leluasa.

Meski harus setengah jam lebih menuju SCBD, kaki saya sama sekali tidak lelah. Apalagi seorang rekan membawa USB yang berisi lagu-lagu. Tinggal colok di slot AUX-in -- iPod, iPhone BlackBerry -- musikpun menghibur kami sepanjang perjalanan.

Di SCBD kami mendapat kesempatan untuk melakukan sesi pemotretan. Uniknya pemotretan dilakukan dengan latar belakang pusat perbelanjaan dan kelompok "street dancer."

Rute kami berikutnya adalah kawasan Kemang. Sesi pemotretan dilakukan di Living Papilion Art Style Design dengan model dari pemenang Jazz Star Search 3. Acara test drive ini berakhir di Barcode Kemang.

Belakangan saya baru tahu, rute dan lokasi yang dituju merupakan tempat tongkrongan anak muda yang menjadi sasaran New Honda Jazz.

"Kami yakin Honda Jazz menjadi jawaban kendaraan perkotaan di Indonesia. Model ini akan kembali jadi favorit kalangan muda Indonesia," kata Tomoki Uchida President Director PT HPM.

Keyakinan Uchida memang tak sembarangan. Keempat varian Jazz New Jazz MT (Rp 198,5 juta), New Jazz AT (Rp 208,5 juta), New Jazz RS MT (Rp 214 juta), dan New Jazz RS AT (Rp 224 juta) langsung mendongrak penjualan HPM. Hanya dalam 12 hari sejak kehadirannya, 19 Mei lalu, Jazz langsung terjual sebanyak 2.697 unit.

Angka ini membuat Jazz memberikan kontribusi 73,4% dari total penjualan Honda bulan Mei lalu. Sedangkan untuk total, Januari-Mei, Honda Jazz telah terjual sebanyak 7.371 unit dengan pangsa pasar 32% pada kelas Hatchback.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi