Di Jerman, Volvo Lebih Memuaskan Dibanding Mercedes-Benz
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 22 Juni 2011 10:43 WIB
Logo Volvo di bagian depan gril, di Miami, Rabu (22/7). Pembuat truck Volvo di Swedia melaporkan kerugian kuartal ketiga berturut-turut karena jatuhnya penjualan di tengah lemahnya permintaan di periode April-Juni. AP Photo/Alan Diaz

TEMPO Interaktif, Berlin - Merek mobil asal Swedia, Volvo, ternyata lebih memuaskan konsumen Jerman dibanding merek asal negeri itu, Mercedes-Benz. Volvo mengantongi nilai 841 dari skala 1.000, dan Mercedes-Benz 839.

Penilaian tersebut dilakukan oleh lembaga penelitian pemasaran global, JD Power and Associates, setelah melakukan penelitian sepanjang Januari-Maret lalu. “Penelitian didasarkan pada evaluasi dan wawancara dengan 17.150 pemilik mobil secara online,” demikian bunyi pernyataan lembaga itu seperti dilansir egmcartech.com dan motorauthority.com, Rabu, 22 Juni 2011.

Penilaian tersebut mencakup daya tarik mobil (meliputi desain, fitur, kapasitas mesin, serta citra merek), kualitas dan ketahanan, biaya operasional, serta kualitas layanan purna jual. Beberapa aspek itu dinilai selama dua tahun masa kepemilikan atau sejak mobil baru dibeli hingga dua tahun dimiliki.

Hasil penilaian tahun ini merupakan lompatan besar bagi Volvo. Sebab, pada tahun lalu merek ini masih berada di posisi ketujuh.

Selain Volvo dan Mercedes, mobil lain yang menempati urutan lima besar adalah Mazda dengan nilai 831 di urutan ketiga. Kemudian MINI di urutan keempat dengan nilai 831. Adapun Honda berada di urutan kelima dengan skor 624.

Selain itu, JD Power juga memberikan daftar lima mobil yang berada di urutan terbawah. Mereka adalah Smart dengan 779 , Daihatsu dengan nilai 777, Mitsubishi 776, Citroen 774, dan Chevrolet di urutan paling bawah dengan nilai 730. “Nilai rata-rata industri adalah 830,” ujar JD Power.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi