Michelin Belum Tentukan Harga XM2  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 7 Juli 2011 17:04 WIB
Michelin Energy XM2 (paultan.org)

TEMPO Interaktif, Pattaya - Michelin, produsen ban yang berpusat di Prancis itu belum menentukan harga Energy XM2, ban keluaran terbaru yang dikeluarkan Senin lalu. “Kami sedang menghitungnya,” kata Manajer Marketing Michelin Indonesia Victor Daniel kepada Tempo di Bandara Internasional Utapao, Thailand, Selasa 5 Juli 2011.

Victor memastikan harga akan ditentukan pada Juli ini. “Harganya kompetitif dibandingkan dengan keunggulan-keunggulannya,” ujar Victor.

Energy XM2 akan dipasarkan oleh 10 agen Michelin di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Senin lalu, Direktur Marketing Regional Asia Tenggara dan Oceania Tony Menard meluncurkan ban Energy XM2 di pasar Asia Tenggara di Pattaya, Thailand. Energy XM2 yang dibuat untuk berbagai jenis ban ini diproduksi untuk berbagai kendaraan, yakni city car, compact car, dan sedan dengan tipe 14, 15, dan 16 inci.

Victor menargetkan penjualan XM2 di Indonesia lebih besar, yaitu sekitar 10-40 persen dibandingkan dengan penjualan ban pendahulunya, XM1. Ban XM1, kata Victor, terjual sekitar 32 ribu hingga 40 ribu ban per tahun sejak diluncurkan empat tahun lalu.

Tony mengatakan Energy XM2 merupakan penyempurnaan dari ban terdahulu, XM1. Keunggulan XM2 adalah 20 persen lebih awet, daya jelajah lebih panjang, lebih hemat bahan bakar, tidak berisik, dan daya cengkeram lebih kuat sehingga lebih stabil dan aman. Tony mengatakan keunggulan-keungguan produk baru itu merupakan jawaban atas kebutuhan pasar.

Asia Tenggara, termasuk Indonesia, merupakan pasar yang besar bagi produsen ban Michelin asal Prancis itu. “Pasar Indonesia terus tumbuh, pasar yang sangat penting,” kata Tony.

Manajer Produksi Regional Asia Tenggara dan Oceania Pierre Azemat mengatakan pasar Indonesia memerlukan ban dengan banyak keunggulan. “Kondisi (jalanan) di Indonesia lebih berat dan juga lebih panas dibandingkan dengan (jalanan di) Malaysia, Singapura, dan Filipina,” ujar Pierre kepada Tempo.

Pierre yakin bahwa Energy XM2 bisa menjawab kebutuhan pasar sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia. Meski keunggulan-keunggulan itu diberikan dalam sebuah produk, Tony menjamin harga ban andalannya ini kompetitif.

ENDRI KURNIAWATI

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi