smart fortwo dan All New Toyota Yaris, Mobil Teririt 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 13 Oktober 2011 00:48 WIB
smart fortwo (autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, London - Dua mobil kecil masing-masing smart fortwo CDI besutan Smart -- perusahaan dibawah payung Daimler -- dan Toyota Yaris besutan Toyota Motor Corporation (Toyota) menjadi mobil paling irit dalam lomba ALD Automotive Shell FuelSave MPG Marathon. Proses pengujian berlangsung di Inggris pada 5 - 6 Oktober lalu.

Seperti dilansir autoevolution.com dan worldcarfans.com, Rabu, 12 Oktober 2011, pada uji itu Smart fortwo terbukti hanya mengkonsumsi bahan bakar (BBM) 2,85 liter untuk jarak 100 kilometer. "Adapun Toyota Yaris 1.000 cc VVT mengkonsumsi 3,9 liter untuk jarak yang sama," demikian pernyataan penyelenggara Automotive Shell FuelSave MPG Marathon seperti autoevolution.com, Rabu, 12 Oktober 2011.

Berkat capaian itu, pada hari ini, smart fortwo dinobatkan sebagai pemenang ‘Overall Best MPG’. "Hasil itu sekaligus menjadi rekor mobil teririt yang pernah terjadi dalam sejarah penyelenggaraan lomba sejak pertama kali digelar 11 tahun lalu," jelas pernyataan panitia.

Mobil kecil dikemudikan oleh Mick Linford dan Ella Flynn yang menempuh jarak hampir 600 kilometer. Mereka mengemudikan mobil di jalanan yang sulit di Wiltshire, Hampshire, Dorset dan Somerset, Inggris.

"Saya bertekad untuk menembus angka magis 100 mil per galon (41 kilometer per liter) tahun ini, tetapi cuaca dan jalanan berbukit menjadi hambatan," ujar Linford.

Adapun Toyota Yaris bermesin 1.000 cc tiga silinder VVT yang dikemudikan oleh James Sutherland dan Richard Hill itu menempuh jarak yang hampir sama dengan Smart fortwo. Yaris menjadi mobil teririt di kategori mobil bermesin bensin dengan tingkat emisi CO2 kurang dari 120 gram per kilometer.

Sebelumnya, Yaris telah menyabet penghargaan Internasional Engine of the Year karena keiritannya dalam mengkonsumsi BBM.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi