Hyundai Siapkan Eon, Mobil Murah Berbahan Bakar Gas  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Oktober 2011 09:07 WIB
indiancarsbikes.in

TEMPO Interaktif, Chennai - Setelah meluncurkan versi berbahan bakar bensin pada 13 Oktober lalu, kini Hyundai Motors di India sudah berancang-ancang meluncurkan varian lain dari mobil mungil, Hyundai Eon, yang berbahan bakar Liquid Petroleum Gas (LPG). Rencananya, varian anyar itu diluncurkan awal 2012 dan kini tengah menjalani serangkaian tes di sekitar Chennai, India.

“Kehadiran Eon berbahan bakar LPG itu dimaksudkan untuk menggenjot penjualan hingga mencapai target 150 ribu per tahun,” demikian laporan motorbeam.com, mengutip sumber di Hyundai India, Selasa, 18 Oktober 2011.

Menurut sumber itu, mobil kecil Hyundai yang berbahan bakar LPG itu akan menjadi alternatif bagi konsumen di saat harga bensin terus merangkak naik.

Seperti dilansir indiancarbikes.in, Hyundai meluncurkan Eon varian berbahan bakar bensin, 13 Oktober lalu. Saat itu, pejabat Hyundai mengatakan pihaknya menawarkan mobil kecil itu dalam beberapa varian dengan banderol 2,69–3,46 lakhs rupee atau sekitar Rp 48,8–62,7 juta.

Hyundai Eon mengusung mesin 814 cc tiga silinder yang bertenaga 55 daya kuda pada 5.500 rpm dan torsi 76,5 Newton meter pada 4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi manual lima tingkat kecepatan. Peranti itu sebelumnya digunakan Hyundai Santro, hatchback yang digantikannya.

Keunggulan lain yang ditawarkan Eon adalah konsumsi bahan bakar yang irit. “Hasil pengujian yang dilakukan oleh Automotive Ressearch Association of India (ARAI), konsumsi bahan bakar mobil ini 21,1 kilometer per liter,” terang salah seorang eksekutif Hyundai.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi