Nissan Bakal Tekuk Toyota  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 November 2011 21:50 WIB
REUTERS/Issei Kato

TEMPO Interaktif, Tokyo - Nissan Motor Co, pabrikan mobil terbesar kedua Jepang, menaikkan proyeksi laba tahun ini setelah pulih dari bencana tsunami dan gempa awal tahun lalu. Mereka bahkan diperkirakan bisa menekuk perolehan laba Toyota dan Honda yang kini terkena dampak banjir di Thailand.

Laba bersih Nissan hingga 31 Maret 2012 diproyeksikan tembus US$ 3,7 milyar. Angka ini lebih tinggi 7,4 persen dari perkiraan awal tahun. CEO Nissan, Carlos Ghosn mengatakan, laba kali ini didorong naiknya penjualan dari 4,6 juta unit menjadi 4,75 juta unit.
Kenaikan penjualan tertinggi terjadi di Cina yakni sebesar 8,7 persen, yang disumbang oleh varian sedan Sunny. Eropa menduduki tempat kedua dengan pertumbuhan 6 persen dan di Jepang kenaikan penjualan mencapai 4,9 persen. 
"Terlepas dari fluktuasi mata uang, berbagai bencana alam dan gejolak ekonomi global, kami tetap berada di jalur yang tepat," kata dia seperti dikutip Bloomberg, Rabu 2 November 2011.
Nissan pun kini optimistis bisa mendongkrak pangsa pasar mereka di dunia, 5 kali lipat menjadi 10 persen pada tahun 2016. Takeshi Miyao, analis di perusahaan konsultan Carnorama mengatakan, target ini tak muluk lantaran Nissan telah membuktikan diri bisa bertahan di tengah bencana tsunami lalu. "Mereka sangat cepat dalam merespon bencana," kata dia.
Pencapaian Nissan ini kontras dengan kondisi pesaing mereka. Mazda Motor Corp hari ini memangkas proyeksi penjualan dan
diperkirakan bakal merugi. Sedangkan Toyota dan Honda membatalkan proyeksi pendapatannya karena produksi mereka di Thailand macet. 
Yuuki Sakurai, Presiden Fukoku Capital Management mengatakan setelah ambruknya pabrik di Thailand, mahkota pimpinan pasar yang selama ini dipegang Toyota akan bergeser. 
FERY FIRMANSYAH
#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi