Ribuan Sedan Mewah Rolls Royce Ghost Ditarik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 November 2011 07:51 WIB
Model berpose disamping mobil Rolls Royce Ghost pada acara promosi di Hong Kong Kamis (17/9). Rolls Royce Ghost pertamakalinya dipamerkan di wilayah Asia Pasifik. AP Photo/Kin Cheung

TEMPO Interaktif, Washington - Produsen mobil mewah asal Inggris, Rolls Royce–kini berada di bawah payung BMW–menarik 1.900 unit Rolls Royce Ghost model 2010 di seluruh dunia. Pasalnya, sirkuit pengontrol pompa air pendingin turbocharger bermasalah sehingga rawan memicu mesin terbakar.

"Sirkuit pada pompa air elektrik mengalami overheat. Walhasil, pompa atau kompartemen mesin berpotensi terbakar," demikian bunyi laporan Rolls Royce kepada Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, seperti dilansir CNNMoney.com dan egmcartech.com, Kamis, 3 November 2011.

Juru bicara pabrikan itu mengatakan dari jumlah yang ditarik tersebut, 589 unit di antaranya berada di Amerika Serikat. Sedan itu mengusung mesin 6.600 cc V8 yang dilengkapi peranti twin turbocharger dan sama dengan BMW Seri 7.

Permasalahan yang terjadi di sedan supermewah itu juga dialami lima model BMW yang ditarik di Amerika dan diumumkan akhir Oktober lalu. Jumlahnya mencapai 32 ribu unit.

Mereka terdiri dari BMW Seri 5, BMW Seri 5 Gran Turismo, BMW Seri 7, BMW X5, serta BMW X6 model 2008-2011. Semua mobil itu bermesin delapan dan 12 silinder serta dilengkapi turbocharger.

Sebelumnya, BMW telah menerima 102 laporan dari berbagai belahan dunia yang menyebut pompa air turbocharger bermasalah. Bahkan beberapa di antaranya mengaku mesin mobil terbakar.

Baik BMW maupun Rolls Royce meminta pemilik mobil segera mendatangi dealer-nya untuk mendapatkan layanan perbaikan peranti yang rusak itu. Layanan diberikan secara gratis.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi