Kejutan, Avanza-Xenia Baru Muncul Lebih Awal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 November 2011 01:53 WIB
Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia (Dasril Roszandi/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kejutan terjadi pada acara konferensi pers kolaborasi Toyota Motor Corporation, Astra International, dan Daihatsu Motor Company 'Dedicating The Best for Indonesia' di Ritz Charlton Jakarta, Senin, 7 November 2011.

Awalnya, konferensi pers yang dihadiri Managing Officer Toyota Motor Company Hiroshi Onishi, President Daihatsu Motor Company Koichi Ina, President Director Astra International Prijono Sugiarto, President Director PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan, dan Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR ini hanya ditujukan untuk mengumumkan kelanjutan kolaborasi trio ini dalam memproduksi Avanza-Xenia yang menjadi duet mobil terlaris di Indonesia.

Namun di penghujung acara dua model baru All New Avanza dan All New Xenia muncul di panggung. Sontak, wartawan langsung mengabadikan momen ini. Padahal, generasi kedua low MPV ini dijadwalkan baru diperkenalkan secara resmi Rabu, 9 November besok.

Meski hanya diperlihatkan sekilas, banyak perubahan yang dilakukan Toyota-Daihatsu pada kedua mobil ini. Dari sisi ekterior, tampak garis desain yang membedakan dengan Avanza yang ada saat ini.

Sejak diluncurkan Januari 2004 hingga OKtober 2011 penjualan Avanza-Xenia sudah menyentuh angka 1 juta unit. Angka ini memberikan kontribusi 22% dari total pasar otomotif Indonesia. Produksi Avanza-Xenia di Assembly PLant PT Astra Daihatsu Motor di Sunter juga telah mencapai 1 juta unit untuk pasar domestik maupun ekspor.

Sayangnya, tak satupun petinggi Toyota maupun Daihatsu yang mau mengungkapkan informasi mengenai spesifikasi, perubahan maupun harga kedua model baru ini. Sepertinya kita masih harus bersabar sampai peluncuran resmi, Rabu besok.

RAJU FEBRIAN

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi