Toyota Pabrikan Paling Hijau di Eropa
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 November 2011 01:17 WIB
Panel matahari di kantor Toyota (autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Penggunaan mesin hybrid dan pemasangan panel matahari pada kantor-kantor Toyota kini membuahkan hasil. Toyota Motor Europe meraih penghargaan sebagai manufaktur terhijau di Eropa (2011 Green Manufacturing Award) karena penggunakan teknologi ramah lingkungan dalam keseharian mereka.

Pabrik Toyota di Burnaston, Inggris, menjadi salah satu pabrik yang meraih nilai tertinggi. Prestasi Toyota di Inggris termasuk menghilangkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk sampah dan secara signifikan mengurangi jumlah energi dan air yang digunakan untuk membangun setiap kendaraan.

Awal tahun ini Burnaston juga melakukan penggunaan panel surya besar-besaran. hasilnya mampu menghasilkan sampai 4,6 juta kWh energi setiap tahunnya. Angka ini ternyata cukup digunakan untuk membangun sekitar 7.000 mobil.

"Penghargaan ini merupakan pengakuan atas usaha kami dalam meningkatkan manufaktur kami di Eropa untuk lebih ramah lingkungan," kata Steve Hope, General Manager of Plant Engineering and Safety Toyota seperti dikutip laman autoevolution.com, Rabu, 9 Novemmber 2011.

Toyota memimpin industri otomotif yang mengedepankan emisi rendah kendaraan. Awal tahun ini, pabrikan raksasa asal Jepang itu memperkenalkan generasi ketiga Prius hybrid yang memiliki kadar emisi CO2 89 g/km. Selain itu penggunaan teknologi Toyota Optimal Drive, sistem Stop and Start, transmisi manual dan otomatis baru yang ikut membantu pengurangan kadar CO2 dan konsumsi bahan bakar.

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi