Toyota-BMW Kembangkan Teknologi Baterai
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Desember 2011 08:18 WIB
AP/Shizuo Kambayashi

TEMPO.CO, Tokyo - Produsen mobil Jepang, Toyota Motor Corp, menyepakati kerja sama penelitian dan produksi baterai mobil yang ramah lingkungan dengan Bayerische Motoren Werke (BMW) Jerman. Hal ini dilakukan untuk mendukung konsep global mengenai teknologi dan industri hijau, khususnya di sektor otomotif.

CEO BMW Norbert Reithofer mengatakan, kerja sama ini diharapkan mendongkrak brand image kedua perusahaan. Toyota selama ini dikenal sebagai pemimpin pasar mobil dunia serta pioner dalam pengembangan teknologi mobil hibrida.

Sedangkan BMW memiliki citra merek yang kuat dan mewah. "Kami bergabung untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan serta memperkuat dominasi dalam setiap segmen," kata dia seperti dikutip Associated Press kemarin.

Kedua pabrikan ini bekerja sama mengembangkan teknologi baterai lithium ion yang lebih efisien dan hemat untuk beberapa jenis mesin. Sebelumnya Toyota telah mengembangkan baterai jenis ini melalui kerja sama dengan Sanyo Electric Co dan Panasonic Corp.

Sementara BMW akan memasok mesin diesel, terutama di Amerika dan Jepang, pasar utama Toyota. Dalam jangka panjang, mereka akan mengembangkan mesin diesel jenis 1.6 liter dan 2.09 liter untuk mobil hibrida yang berbahan bakar minyak dan listrik.

"Kami juga berkolaborasi pada proyek-proyek jangka menengah dan jangka panjang lainnya," kata Direktur Toyota, Takeshi Uchiyamada.

Rencananya, kerja sama ini akan diumumkan secara luas Sabtu besok, saat pembukaan Tokyo Motor Show.

FERY FIRMANSYAH

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi