GM Istirahatkan Tiga Pabrik Pikap Selama 21 Pekan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 Desember 2011 00:14 WIB
Pabrik General Motors di Fort Wayne, Indiana. (motortrend.com)

TEMPO.CO, Detroit - General Motors membuat pengumuman mengejutkan dengan menyatakan akan menutup sementara tiga pabrik selama total 21 pekan pada tahun 2012 mendatang. Mereka juga menyiapkan dana US$ 928 juta atau sekitar Rp 8,41 triliun untuk membangun generasi baru Chevrolet Silverado, GMC Sierra, dan SUV anyar yang belum disebutkan namanya.

Chris Lee, juru bicara GM, seperti dikutip bloomberg dan Detroitnews mengatakan mulai Januari, pabrik di Fort Wayne, Indiana, akan tutup sementara mulai Januari sampai Oktober. Pabrik di Flint, Michigan, tidak melakukan produksi selama tujuh pekan antara Juni dan November. Sementara di Arlington, Texas, yang memproduksi Chevrolet Tahoe dan Suburban, GMC Yukon dan Cadillac Escalade, tutup lima pekan pada Juni sampai Desember.

Sebenarnya, satu pabrik lain yang berlokasi di Silao Meksiko, juga akan ditutup sementara. Hanya saja GM mengatakan rencana penutupan termasuk jangka waktunya akan diumumkan pada awal tahun 2012 mendatang.

GM mengumumkan mereka akan menginvestasikan dana US$ 928 juta yang dibagi untuk Fort Wayne US$ 275 juta, Flint US$ 328 juta, dan Arlington US$ 331 juta. Jika persiapan peralatan baru ini bisa selesai tahun 2012, makan produksi generasi baru akan dimulai pada 2013 mendatang.

Generasi yang ada sekarang diperkenalkan pada tahun 2007 dan hanya mengalami beberapa perubahan minor. Perubahan besar dilakukan dengan pemasangan transmisi otomatis enam percepatan pada tahun 2009. Adapun generasi baru ini nantinya akan menggunakan mesin V8 dengan direct fuel injection.

GM juga memastikan suplai terhadap permintaan Chevrolet Silverado dan GMC Sierra tidak masalah. Pabrikan asal Paman Sam mengatakan mereka memiliki stok sekitar 200 ribu unit yang cukup untuk memenuhi pesanan konsumen.

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi