Di Cina, GM Menjual Satu Mobil Setiap 12 Detik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 14 Januari 2012 17:47 WIB
Logo General Motors. REUTERS/Mike Blake

TEMPO.CO, Shanghai - Inilah rekor penjualan paling tinggi pabrikan otomotif terbesar asal Amerika Serikat, General Motors (GM), selama 2011. Dalam setiap 12 detik produsen ini mampu menjual satu unit di Cina. Rekor ini sekaligus menggeser produsen mobil Jepang, Toyota, sebagai penjual terbanyak.

Seperti dilansir Forbes.com, GM menjual 2,547 juta unit di Cina pada tahun lalu atau naik 8,3 persen dari tahun sebelumnya. Dengan total penjualan ini GM mencatat sebagai produsen dengan penjualan terbanyak.

Produsen lain, Toyota, hanya mampu menjual sebanyak 883 ribu unit. Angka ini naik empat persen dibandingkan 2010. Namun, meski naik, pertumbuhan penjualan ini tercatat sebagai paling lambat sejak 2004. Sedangkan produsen asal Amerika lainnya, Ford Cina, mencetak angka penjualan sebesar 519.390 unit atau naik tujuh persen.

GM memiliki 11 perusahaan gabungan di Cina dan dua perusahaan yang dimiliki penuh dengan 35 ribu tenaga kerja. Pabrikan ini telah melebarkan jaringan dealer-nya menjadi 2.700 outlet dan mencakup semua provinsi di Cina.

Cina, negeri dengan ekonomi terbesar kedua sejagad, menjadi pasar terbesar pabrikan otomotif dunia. Berdasarkan data terbaru World Bank, tingkat penetrasi mobil di Cina mencapai 37 kendaraan per 1.000 orang. Memang, angka ini masih kalah dibanding Brasil yang tingkatnya mencapai 249 kendaraan per 1.000 orang atau 828 kendaraan per 1.000 orang di Amerika. Namun Cina tetap saja disebut-sebut produsen mobil Amerika sebagai pasar internasional terbesar.

GADI MAKITAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi