Pabrik Baru Daihatsu Beroperasi Oktober 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Maret 2012 02:09 WIB
Kiri ke kanan: Amelia Tjandra Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Suparno Djasmin Chief Executive Director PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation, Sudirman MR Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, dan Kiyomo Nishimura General Manager Indonesia and Malaysia Operation Group Daihatsu Motor Company. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor merencanakan pabrik baru mereka di kawasan Surya Cipta, Karawang Timur, Jawa Barat, akan beroperasi pada Oktober 2012 mendatang. Sudirman MR, Presiden Direktur PT ADM, mengatakan dengan beroperasinya pabrik tersebut, pada total produksi Daihatsu di akhir tahun ini akan mencapai 430 ribu unit.

Saat ini, Daihatsu mengandalkan pabriknya di kawasan Sunter, Jakarta Utara, yang berkapasitas 330 ribu unit. Namun, menurut Sudirman, kapasitas dan luas pabrik sudah tidak bisa dikembangkan lagi sehingga mereka membangun pabrik kedua di Karawang.

"Pabrik baru ini menghabiskan investasinya sekitar Rp 2,1 triliun," kata Sudirman pada perayaan milad Daihatsu yang ke-105 tahun di Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis, 1 Maret 2012.

Sudirman mengatakan pada 2011 lalu, Daihatsu berhasil memproduksi 373.395 unit kendaraan merek Daihatsu dan Toyota. Sebanyak 14 persen di antaranya untuk tujuan ekspor.

Kiyomi Nishimura, General Manager Indonesia and Malaysia Operation Group Daihatsu Motor Company, mengatakan Daihatsu Indonesia sampai kini sudah menyumbang 30 persen produksi global. "Indonesia merupakan basis produksi Daihatsu terbesar setelah Jepang," kata dia.

Mengenai rencana pada 2012, Sudirman masih enggan mengungkapkan lebih jauh. Ia menyebut Daihatsu lebih memprioritasnya peningkatan kapasitas produksi pabriknya. Sedangkan model-model yang akan digenjot adalah yang ada di pasaran saat ini seperti Xenia, Terios, Sirion, Gran Max, dan Luxio.

Meski demikian, Suparno Djasmin Chief Executive Director PT Astra International Tbk Daihatsu Sales Operation, pemegang distributor tunggal Daihatsu di Indonesia, mengungkapkan jika tahun ini Daihatsu akan mengeluarkan mobil baru. "Mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan harga terjangkau oleh masyarakat Indonesia," kata dia dalam sambutannya.

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi