Nissan Jadikan Datsun Sebagai Mobil Hijau  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 20 Maret 2012 15:29 WIB
Nissan Datsun Club Indonesia (Dok. Nissan Motor Indonesia)

TEMPO.CO, Jakarta- Pabrikan mobil Jepang, Nissan Motor Company, segera menghidupkan kembali merek Datsun sebagai mobil hijau dengan harga murah. “Datsun akan menjadi mobil hijau di Indonesia,” kata CEO Nissan, Carlos Ghosn, kepada wartawan di Hotel Four Season, Selasa, 20 Maret 2012.

Ghosn menuturkan, dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Senin 19 Maret 2012, didiskusikan mengenai rencana pemerintah Indonesia untuk mengembangkan mobil hijau. Nissan pun menjawab tantangan ini dengan menghidupkan kembali merk Datsun. “Datsun akan menjadi kendaraan dengan bahan bakar ekonomis,” ucapnya.

Nissan saat ini menyasar tiga negara sebagai lokasi pengembangan Datsun yakni Indonesia, India dan Rusia. Indonesia menjadi salah satu target lantaran pasar industri otomotifnya tumbuh pesat. Ghosn mengatakan Datsun mulai dipasarkan di Indonesia pada 2014. Namun ia tak mengatakan berapa target pangsa pasar yang akan diraih. "Terlalu dini untuk membicarakan pangsa pasar.“ katanya.

Vice President Director Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia, Teddy Irawan, mengatakan pihaknya siap menyambut rencana menjadikan Datsun sebagai mobil murah dan ramah lingkungan di Indonesia. Nissan pun akan menanamkan investasi US$ 400 juta untuk memperkuat basis produksi dan penjualan di Indonesia. Total kapasitas produksi ditargetkan mencapai 250 ribu unit serta menyerap 3.300 tenaga kerja pada 2015.

I WAYAN AGUS PURNOMO

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi