Ford Luncurkan All New Ford Focus  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 Maret 2012 10:03 WIB
Ford Focus 2011 (Dok. Ford)

TEMPO.CO, Bangkok - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Company, meluncurkan produk terbarunya All New Ford Focus di Bangkok, Thailand. Mobil Ford Focus merupakan model kedua dari delapan seri mobil yang akan diluncurkan Ford di pasar ASEAN pada tahun ini.

Presiden Direktur Ford Asia Pasifik, Joe Hinrichs, mengatakan Ford tidak main-main dalam memperluas pasarnya di kawasan Asia Tenggara. Mereka telah menghabiskan dana sebesar US$ 450 juta untuk membangun fasilitas produksi di Rayong, Thailand.

"ASEAN adalah pasar yang sangat penting," ujarJoe saat peluncuran All New Ford Focus Senin 26 Maret 2011. Mereka ingin mengulang sukses memasarkan Ford Fiesta yang kini menjadi salah satu mobil favorit di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Mobil All New Ford Focus ini dilengkapi mesin Duratec GDi Ti-VCT 2.0 liter. Meski mesin ini bukan tipe baru,  tenaganya telah ditingkatkan sebesar 20 persen. Ini berkat penggunaan teknologi powertrain terbaru yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

ALL New Ford Focus akan muncul dalam versi sedan dan hatchback. Mobil ini kini tampil lebih ramping dan sporty. Perubahan paling signifikan terlihat pada desain bemper, grill, serta lampu depan. selain itu aerodinamika juga telah mengalami penyempurnaan yang lagi-lagi demi penghematan bahan bakar.

All New Ford Focus ini juga dilengkapi teknologi canggih, yang terbaru adalah fitur SYNC yang merupakan paket konektivitas yang memungkinkan pengendara tetap bisa berhubungan melaui telepon seluler secara hands free. Selain melakukan panggilan telepon dan membaca pesan, SYNC juga bisa memutar musik dari gadget Anda. hebatnya lagi semuanya dilakukan melalui panggilan suara.

Selain SYNC juga terdapat fitur active parking assist. Dengan hanya menekan tombol pengemudi dapat melakukan parkir paralel tanpa keterlibatan kedua tangan. Pengemudi tinggal mengendalikan gas, rem dan roda gigi.

Fitur-fitur lainnya antara lain active city stop, BLIS (blind spot information system), dan smart keyless entry. Active city stop berguna untuk mencegah tabrakan dalam kemacetan lalu lintas. Mobil akan mengerem scara otomatis apabila sensor mendeteksi mobil di depan berhenti secara mendadak.

Lalu ada BLIS yang terdapat pada kaca spion. Fungsinya untuk memberi peringatan kepada pengemudi apabila ada kendaraan lain yang memasuki blind spot pengemudi.

Adapun smart keyless entry memungkinkan pengguna All New Ford Focus mengunci dan membuka pintu pengemudi tanpa harus mengeluarkan kunci dari tas atau saku. sensor akan bekerja apabila kunci mendekat, pengemudi hanya perlu menarik kenopnya saja. Fitur ini sangat berguna saat anda sedang membawa banyak barang atau dalam kondisi terancam bahaya yang mengharuskan pengguna segera masuk ke dalam mobil.

All New Ford Focus dirancang untuk menyediakan kendaraan yang ramah lingkungan, sarat teknologi, tapi tetap terjangkau. Dengan strategi ini diharapkan segmen kelas C dapat merasakan keamanan dan kenyamanan layaknya mobil mewah. "Kami berkomitmen menawarkan sesuatu yang lebih dari produk lain di kelas yang sama," kata Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI), Bagus Susanto.

Produk ini diperkirakan akan hadir di Indonesia menjelang akhir tahun.

KENDRA PARAMITA (BANGKOK)

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi