Esemka Segera Diproduksi Massal
Reporter: Tempo.co
Editor: A.a.Gde Bagus Wahyu Dhyatmika
Rabu, 19 September 2012 22:17 WIB
Siswa SMK 2 Surakarta membongkar pintu mobil Esemka di Solo Techno Park, Rabu (21/3). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, mobil Esemka, sudah dipastikan lolos uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi. Dengan demikian Esemka tinggal selangkah lagi menuju produksi massal.

“Saat ini kami masih menunggu sertifikat uji tipe,” ujar Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, Rabu 19 September 2012. Setelah mendapat sertifikat itu, Pemerintah Kota Solo akan menggenjot produksi mobil Esemka baik yang model sport utility vehicle (SUV) maupun dobel kabin.

Jika sudah diproduksi kelak, Esemka bakal masuk ke pasar otomotif yang persaingannya cukup sengit. Sebuah produsen mobil dari India bahkan siap menjual mobil dengan harga Rp 25 juta di Indonesia.

“Kami tak gentar dan siap bersaing,” kata Hadi. Dia yakin Esemka bakal diminati karena merupakan produksi bangsa sendiri. Menurutnya, dengan alasan kebanggaan, masyarakat rela  membeli mobil buatan dalam negeri yang harganya lebih mahal dari buatan negara lain.

“Karena pada akhirnya uang yang digunakan untuk membeli, akan kembali ke negara. Tidak lari ke luar negeri,” katanya. Esemka jenis SUV diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar Rp 100 juta.

UKKY PRIMARTANTYO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi