Nissan Kenalkan Mobil yang Bisa Parkir Sendiri  
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Selasa, 9 Oktober 2012 09:48 WIB
REUTERS/Toru Hanai/Files

TEMPO.CO, Tokyo - Mewujudkan mobil masa depan dengan teknologi supercanggih sepertinya sudah tinggal selangkah lagi. Setelah mobil ramah lingkungan non-bahan bakar fosil telah dibuat, kini sebuah mobil pintar keluaran Nissan muncul di pameran CEATEC 2012 di Tokyo.

Mobil tersebut bisa memarkir sendiri dan bisa datang saat dipanggil. Bernama Nissan NSC-2015, mobil pintar ini rencananya akan diluncurkan pada 2015 nanti. Model ini adalah modifikasi dari model sebelumnya, Nissan Leaf.

Cara kerjanya menggunakan alat utama, yaitu sensor, beberapa kamera, komputer, dan jaringan 4G sebagai penghubung nirkabel untuk mengemudikan. Tentunya semua teknologi itu memanfaatkan mekanis robotik untuk mengoperasikan setir, gas, dan rem.

Dengan menggunakan ponsel pintar, mobil ini diperagakan oleh perwakilan Nissan. Mobil ini dapat berjalan dengan kecepatan 5 km/jam dan mampu berhenti di persimpangan, mengenali lingkungan sekitarnya, dan mencari tempat parkir yang kosong.

Sayangnya, sebagai sebuah purawarupa, mobil ini belum bisa diujicobakan di jalan raya untuk menghindari risiko kecelakaan. Mobil ini baru bisa diperagakan di area parkir yang memiliki risiko kecelakaan rendah.

Beberapa pengamat memprediksi penggunaan mobil pintar ini masih jauh dari kenyataan. Ini terutama untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya.

BBC | ISMI WAHID

Berita TerpopulerIni Daftar Harga Mobil Compact Potensi Besar Pasar Compact Car Daihatsu Jadi Nomor Satu di Pelayanan Terus Merugi, Ford Eropa Pangkas KaryawanProdusen Sasis Jerman Incar Pasar Indonesia

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi