Honda Ambisi Jadi Market Leader di Motor Sport
Reporter: Tempo.co
Editor: MC Nieke Indrietta Baiduri
Rabu, 31 Oktober 2012 17:28 WIB
ASTRA HONDA MOTOR

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Honda Motor menargetkan menjadi market leader pada segmen sepeda motor sport. Sejauh ini, Honda baru menjadi market leader untuk segmen sepeda motor scooter automatic (scootic) dan sepeda motor bebek.

"Di sport, kami lagi mau starting ke market leader," kata Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor, Yohannes Loman, di pameran Jakarta Motorcycle Show di JCC, Rabu, 31 Oktober 2012.

Menurut Yohannes, Honda kini memimpin pasar scootic dengan 50-60 persen. Produk Honda Beat dan Honda Vario menjadi produk andalan, diikuti dengan Spacy dan Scoopy. Kontribusi scootic terhadap penjualan total Honda juga mencapai 50 persen. Untuk sepeda motor sport, kontribusi penjualan baru mencapai 10-12 persen.

Di segmen sepeda motor sport, Honda memperkenalkan Honda CB150R Street Fire, dengan kapasitas 150 cc dan mesin DOHC, 6 Speed Inheritance of CBR150R. Honda CB150 R diharapkan mampu mendongkrak penjualan sepeda motor sport Honda. Yohanes mengatakan, harga dan jumlah produksi Honda CB150R akan segera dirilis sebelum tahun ini. "Dengan launching ini, diharapkan kontribusi penjualan segmen sepeda motor sport bisa sekitar 14 persen," katanya.

Honda tidak memerinci kapan target menguasai pasar segmen sepeda motor sport dengan persentase 50 akan tercapai. Di ajang Jakarta Motorcycle Show, Honda menargetkan penjualan sepeda motor sebanyak 700 unit. Sepeda motor jenis skuter diharapkan menjadi kontributor utama penjualan. "Skuter tetap yang utama. Kami baru launching Beat, terlihat animonya baik sekali. Setelah itu, (kontributor) baru Vario," katanya.

Honda menargetkan total penjualan sampai akhir tahun mencapai 4,1 juta unit. Jumlah ini turun dari tahun lalu yang mencapai 4,2 juta unit. Menurut Yohannes, penurunan target penjualan tahun ini disebabkan oleh naiknya harga komoditas serta pemberlakuan kebijakan pemerintah soal down payment sepeda motor. Tahun depan, ia memprediksi kondisi pasar akan membaik, khususnya dengan harga komoditas yang kembali stabil.

ANANDA W. TERESIA

Berita Terkini:Pameran Motor Terbesar Indonesia Dibuka Hari Ini Honda Cetak Laba Naik Dua Kali LipatInden Honda Brio Melebihi TargetToyota Amerika Bidik Profit dari Camry dan Prius

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi